Ini Perbandingan Vivo V20 dan Vivo V20 SE, Pilih yang Mana?

Selasa, 26 Januari 2021 – 21:30 WIB
Vivo V20 SE Aquamarine Green. Foto: Vivo

jpnn.com - Salah satu brand smartphone asal China Vivo pada 2020 lalu meluncurkan produknya Vivo V20. Sebagai informasi, merek Vivo sendiri mulai dikenal secara global pada tahun 2012 melalui seri X1 yang menarik perhatian sebagai smartphone pertama di dunia dengan chipset audio Hi-Fi (High-Fidelity), dan mempunyai desain bodi setipis 6.55 mm.

Sedangkan pada 2013, Vivo memperkenalkan smartphone dengan resolusi layar 2K pertama di dunia, Vivo XPlay3s.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: FPI Diminta Mengerti, Kasus Rasial Natalius Pigai, Oh Begini Kondisi Terkini Rizieq Shihab

Dilengkapi kualitas resolusi 2560 x 1440 pixel berukuran 6 inci, Vivo XPlay3s menjadi smartphone superior di tengah tren layar konvensional dengan resolusi standar 1080p.

Mulai memasuki pasar Asia Tenggara pada tahun 2014, Vivo memboyong X5Pro secara resmi sebagai seri perdananya untuk pasar Indonesia. Memiliki keunggulan kamera dan audio premium serta teknologi 2.5D Glass Design yang membuat tampilan layar smartphone Vivo jadi semakin elegan.

BACA JUGA: Vivo V20 SE Aquamarine Green Mulai Dijual, Gratis Smartwatch

Tidak hanya menunjukkan konsistensi untuk terus menghadirkan kejutan dalam perjalanannya di tengah pasar kompetitif, rangkaian teknologi penuh terobosan yang Vivo hadirkan ikut menjadikannya sebagai salah satu brand smartphone pionir pembentuk tren industri global hingga saat ini.

Dikenal sebagai brand yang inovatif dan punya harga kompetitif membuat smartphone Vivo semakin diminati oleh konsumen di tanah air saat ini.

BACA JUGA: Pemesanan Vivo V20 Series Dibuka, Siapkan Dana Sebegini

Apalagi, Vivo terkenal sebagai brand smartphone yang memiliki aneka model untuk pasaran Indonesia, mulai dari yang entry-level hingga high-level.

Perlu kamu tahu, Vivo saat ini berhasil menggeser OPPO dan menempati posisi pertama dalam daftar ‘Top 5 brand smartphone’ di Indonesia. Berdasarkan data IDC, berturut-turut peringkat brand smartphone di Indonesia pada kuartal 3 2020 (Q3 2020; Juli-September 2020).

Brand-brand smartphone di data IDC adalah Vivo (24,1 persen), OPPO (21,7 persen), Xiaomi (18,1 persen), Samsung (17,3 persen), dan Realme (14,5 persen).

Brand smartphone yang didirikan sejak tahun 2009 di Dongguan, Guangdong ini memang terhitung gencar melakukan berbagai promosi menarik di Indonesia untuk memasarkan produk-produk smartphone buatannya.

Salah satu yang sering ditonjolkan dalam materi promosi brand smartphone adalah kualitas kamera yang mengagumkan.

Ini sejalan dengan slogan Vivo yang sempat menggunakan tagline ‘Perfect Selfie’. Karena itu, kualitas kamera yang dihasilkan produk-produknya selalu terhitung baik, termasuk smartphone Vivo V20 yang diluncurkan pada September 2020 kemarin bersama dengan saudaranya, yaitu Vivo V20 SE.

Vivo mengklaim smartphone Vivo V20 dan Vivo V20 SE mengedepankan sejumlah fitur unggulan, seperti resolusi depan kamera yang diklaim tertinggi di kelasnya, serta desain bodi yang ramping.

“Kami senang menghadirkan Vivo V20 dan V20 SE dan berharap smartphone ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang memiliki aktivitas keseharian yang beragam,” kata Edy Kusuma, selaku Senior Brand Director Vivo Indonesia dalam peluncuran smartphone Vivo V20 dan Vivo V20 SE beberapa waktu lalu.

Nah, supaya kamu tahu secara lebih lengkap perbandingan dari Vivo V20 dan Vivo V20 SE, simak ulasan berikut ini!

1. Desain Bodi 

Dari segi tampilan desain depan, smartphone Vivo V20 dan Vivo V20 tampak sangat serupa. Perbedaan baru terlihat saat membandingkan bodi belakangnya.

Smartphone Vivo V20 memiliki modul kamera yang terlihat lebih unik, dengan satu kamera di atas dan dua kamera di bawahnya. 

Sementara itu, smartphone Vivo V20 SE memiliki modul kamera yang disusun secara vertikal dengan tambahan LED Flash di sebelahnya. Perbedaan ini terus berlanjut pada varian warna yang tersedia dari masing-masing smartphone.

Smarphone Vivo V20 tampak lebih berwarna dengan menghadirkan warna Sunset Melody, yakni kombinasi dua warna biru dan ungu yang terlihat begitu flashy serta dinamis. Selain itu, ada juga varian warna hitam yakni Midnight Jazz.

Sedangkan smartphone Vivo V20 SE tampil dengan lebih sederhana dan minimalistic. Smartphone Vivo V20 SE memiliki warna Gravity Black dan juga Oxygen Blue yang glossy sehingga tampak mewah.

2. Chipset

Smartphone Vivo V20 diketahui memiliki chipset superior yang tentu lebih mampu memenangkan tempat di hati para gamers.

Pasalnya, smartphone Vivo V20 sudah diotaki dengan chip bertenaga dari Qualcomm yang ditujukan untuk ponsel kelas menengah ke atas, yakni Snapdragon 720G dengan kartu pengolah grafis Adreno 618..

Sementara itu, smartphone Vivo V20 SE yang memang dihargai dengan banderol lebih murah mengandalkan Snapdragon 665 yang diiringi oleh Adreno 610 sebagai GPU-nya.

Soal CPU, chipset smartphone Vivo V20 memiliki konfigurasi octa core yang terdiri dari Kryo 465 Gold berkekuatan 2.3 GHz sebanyak dua buah serta Kryo 465 Silver 1.8 GHz sebanyak 6 inti.

Berbeda dengan konfigurasi octa core smartphone Vivo V20 yang mencakup Kryo 260 Gold 2.0 GHz sebanyak 4 inti serta Kryo 260 Silver 1.8 GHz sebanyak 4 inti.

Perbedaan chipset keduanya memang ditujukan untuk segmen harga berbeda, begitu pun dengan performanya saat bermain game berat.

Berdasarkan pengujian beberapa situs, kondisi smartphone Vivo V20 ketika dipakai bermain game berat seperti PUBG Mobile dapat berlangsung dengan mulus.

Ketika permainan berlangsung pada pengaturan grafis Smooth dan frame rate Ultra, tidak terlihat adanya lag sama sekali. Kondisi frame rate cenderung stabil di angka 40 FPS.

Pengalaman bermain cukup berkurang pada smartphone Vivo V20 SE. Perangkat ini hanya sanggup di pengaturan frame rate High pada kondisi grafik Smooth. Kendati demikian, permainan tetap berjalan dengan cukup lancar.

3. Kamera

Smartphone Vivo V20 hadir dengan kamera depan beresolusi 44MP Eye Autofocus yang terbaik di kelasnya. Seperti seri V sebelumnya, kemampuan selfie memang yang paling diunggulkan.

Smartphone Vivo V20 sendiri punya dua fitur unggulan, yaitu 44MP Eye Tracking dan 44MP Autofocus.

Modul 44MP Eye Tracking secara otomatis mampu mengenali bagian mata dan wajah meski pengguna bergerak ke segala arah. Ini untuk mendapatkan hasil foto dan video lebih jernih dan tetap fokus.

Sedangkan 44MP Autofocus mampu menghasilkan foto atau video yang lebih jelas dan tajam dari jarak yang dekat maupun jauh.

Kamera depan dari smartphone Vivo V20 didukung dengan 4K Selfie Video yang memungkinkan konsumen memiliki pengalaman pengambilan video yang sangat detail dan dapat memaksimalkan kegiatan perekaman atau vlogging dengan kualitas hasil video yang lebih baik.

Smartphone Vivo V20 juga dilengkapi fitur-fitur seperti Super Night Selfie, Steadyface Selfie Video. Serta Dual-View Video yang tersedia untuk kamera depan dan belakang. Juga kemampuan Selfie Softlight Band dan Slo-Mo Selfie Video.

Untuk kamera belakang, smartphone V20 dibekali kamera 64MP. Konfigurasinya adalah 64MP Main Camera, 8MP Multimode Camera (Super Wide-Angle/ Super Macro/ Depth Camera) dan 2MP Mono Camera.

Kamera belakang smartphone Vivo V20, hadir dengan beberapa fitur pendukung. Di antaranya Super Night Mode, Motion Autofocus dengan Smart Zoom, Memory Recaller, Dual-View Video, Art Portrait Video dan Dynamic Sky.

Sedangkan smartphone Vivo V20 SE menawarkan kemampuan kamera depan beresolusi 32MP Super Night Selfie.

Pada sektor fotografi, Vivo membekali smartphone Vivo V20 SE dengan tiga kamera belakang. Konfigurasi kamera pada smartphone Vivo V20 SE terdiri dari 48MP Main Camera, 8MP Dualmode Camera (Super Wide-Angle and Super Macro Camera) and 2MP Depth Camera.

4. Kapasitas Baterai

Dari sisi ketahanan baterai, smartphone Vivo V20 dan smartphone Vivo V20 SE sebenarnya memiliki perbedaan yang tidak begitu kentara.

Sementara smartphone Vivo V20 memiliki kapasitas 4.000 mAh, smartphone Vivo V20 justru malah lebih unggul dengan kapasitas 4.100 mAh.

Kedua smartphone V20 Series ini sama-sama memberikan fitur fast charging 33w untuk pengisian daya cepat, dan tentu sudah mendukung port pengecasan USB tipe-C.

Kemampuan 33W FlashCharge dengan kapasitas baterai 4000 mAh di smartphone Vivo V20 ymampu mengisi daya hingga 65-66% hanya dalam 30 menit.

Sedangkan 33W FlashCharge dengan kapasitas baterai 4100mAh pada smartphone Vivo V20 SE punya kecepatan pengisian daya baterai yang mampu mengisi hingga 62% hanya dalam 30 menit.

5. Sistem Operasi Android yang diusung

Beralih ke sisi peranti lunaknya, smartphone Vivo V20 dan smartphone Vivo V20 SE sama-sama dibekali dengan antarmuka FunTouch OS.

Meski begitu, kedua smartphone V20 Series mengusung versi Android yang berbeda saat rilis. Smartphone Vivo V20 sudah lebih updated dengan OS Android 11, sedangkan smartphone Vivo V20 SE masih menggunakan Android 10.

Walau beberapa fungsi dasarnya masih sama, Android 11 tentu memiliki beberapa tambahan fitur dan tampilan fresh. Misalnya, seperti kemampuan melakukan resize pada fitur picture-in-picture, navigasi shortcut yang ramah terhadap lingkungan IoT, dan beberapa hal lainnya.

6. Fitur NFC

Kedua smartphone V20 Series ini diketahui telah dilengkapi dengan fitur NFC. Hanya saja, fitur NFC di smartphone Vivo V20 bersifat multifungsi yang bukan hanya bisa digunakan untuk transfer data, melakukan transaksi non-tunai, dan mengecek atau top up uang elektronik, melainkan juga dapat menduplikasi kartu akses fisik yang kerap digunakan di apartemen serta kantor.

Sedangkan fitur NFC di smartphone Vivo V20 SE hanya bisa dipakai untuk keperluan top up kartu uang elektronik dan transfer data.

7. Harga

Tidak hanya versi peranti lunaknya ataupun spesifikasinya saja yang berbeda, smartphone V20 juga dihargai dengan banderol yang lebih mahal ketimbang smartphone Vivo V20 SE. Keduanya hanya menghadirkan satu versi saja, yakni RAM sebesar 8 GB dan memori internal 128 GB.

Untuk smartphone Vivo V20, Anda bisa saat ini berada di kisaran harga hampir Rp 5 jutaan. Sedangkan untuk smartphone vivo V20 SE sendiri ada di kisaran harga hampir Rp 4 jutaan.
Jadi, kira-kira kamu tertarik membeli yang mana?  (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler