Ini Sejumlah Perbedaan Samsung Galaxy A12 dan M12

Kamis, 03 Juni 2021 – 15:50 WIB
Samsung Galaxy M12. Foto: GSM Arena

jpnn.com - Samsung kembali meluncurkan produk baru untuk pasar Indonesia, yaitu Galaxy M12 awal tahun ini.

Beberapa waktu sebelumnya, Samsung juga telah merilis Samsung A12. Meski punya akhiran yang sama yakni 12,  tetap ada perbedaan mendasar di dua smartphone tersebut.

BACA JUGA: Samsung Persiapkan Smartphone Galaxy dengan Harga Murah

Yuk, disimak penjelasan di bawah ini mengenai perbandingan keduanya:

1. Sama Spesifikasi Kameranya

BACA JUGA: Samsung Ungkap Kehadiran Galaxy Tab S7 FE 5G

Samsung Galaxy M12 dan Samsung Galaxy A12 punya kesamaan dari sisi spesifikasi kamera. Ya, keduanya menyematkan 4 lensa yang berkekuatan 48 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP pada kamera utamanya. Serta 1 lensa depan sebagai kamera selfie yang beresolusi 8 MP.

Pada penampakan layar, kamera depannya terlihat jelas mengadopsi teknologi notch di bagian tengah atas. Untuk kelas hp entry level, spesifikasi kamera seperti ini sudah lumayan bahkan bagus untuk kualitasnya kamera utamanya.

BACA JUGA: Samsung Galaxy A32 5G Hadir dengan Baterai dan Memori Besar, Sebegini Harganya 

2. Menggunakan Teknologi Layar yang Sama

Samsung Galaxy M12 dan Samsung Galaxy A12 dibekali teknologi layar yang sama, yakni layar sentuh dari jenis PLS TFT LCD. Ukurannya pun juga sama, sebesar 6,5 inci yang resolusinya 720 x 1600 piksel.

Begitu pula dengan material bodinya. Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12 sama-sama dibalut material kaca di bagian depan serta material plastik di cangkang dan kerangka belakang.

3. Baterainya Berkapasitas Besar

Spesifikasi yang satu ini juga sama. Samsung Galaxy A12 serta Samsung Galaxy M12 mengusung baterai yang berkapasitas besar, yaitu 5000 mAh.

Dengan kapasitas baterainya yang besar ini, penggunanya akan bisa melakukan berbagai aktivitas dengan ponsel ini sepanjang hari. Handphone ini bahkan bisa anteng 20 jam saat dipakai berselancar di dunia maya pada jaringan LTE.

Ah ya, selain berkapasitas besar, baterai kedua hp ini juga sudah support fast charging pada daya 15W. Jadi jika baterai akan habis, penggunanya bisa langsung mengisinya sampai penuh secara cepat.

4. Punya Bobot yang Beda

Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy A12 selintas terlihat mirip. Namun, saat dilihat lebih detail, apalagi saat dipegang, keduanya berbeda.

Samsung Galaxy A12 punya ukuran 164 x 75.8 x 8.9 mm. Sementara itu, Samsung Galaxy M12 berukuran 164 x 75.9 x 9.7 mm.

Beratnya pun demikian. Samsung Galaxy M12 punya berat sebesar 221 gram. Adapun Samsung Galaxy A12 beratnya 205 gram. Jadi selisih keduanya sebesar 16 gram.

5. Ketajaman dan Keleluasaan Layar

Soal rasio kedua ponsel ini, Samsung Galaxy A12 jelas rasionya lebih besar karena ukurannya lebih besar daripada Samsung Galaxy M12. Yang satu rasionya ~85,8 persen sedang yang lain rasionya ~81,9 persen.

Samsung Galaxy A12 membuat penggunanya lebih leluasa dalam menggunakan layar.

Lalu urusan ketajaman layar, bedanya hanya ~4 density. Samsung Galaxy M12 sedikit lebih tajam daripada Samsung Galaxy A12. Kerapatan pikselnya ~270 ppi. Sementara Samsung Galaxy A12 ketajaman layarnya ~264 ppi.

6. Jeroannya Berbeda

Bagi yang paham soal chipset ponsel, begitu membaca spesifikasi kedua ponsel ini pasti langsung tahu bahwa Samsung Galaxy M12 itu lebih bagus daripada Samsung Galaxy A12.

Hal ini terlihat dari prosesor yang digunakannya. Samsung Galaxy A12 dibekali sistem operasi Android 10 dengan chipset Helio P35 besutan Mediatek.

Sementara Samsung Galaxy M12 disematkan Android 11 dengan interface One UI 3.0.

Lalu CPU-nya, Octa-core 2,35 GHz sebanyak 4 buah serta 1,8 GHz sebanyak empat buah disematkan pada Samsung Galaxy A12. Kemudian Octa-core 2,0 GHz sebanyak 4 buah serta 2,0 GHz sebanyak 4 buah disematkan pada Samsung Galaxy M12.

Untuk sisi Grafis, Samsung Galaxy A12 dibekali PowerVR GE8320, adapun Samsung Galaxy M12 mengandalkan Mali-G52. Benar-benar berbeda kan sisi jeroan keduanya?

7. Fitur-fitur lainnya

Ada beberapa perbedaan lain yang harus Anda tahu dari Samsung Galaxy A12 dan juga Samsung Galaxy M12.

Pertama adalah fitur NFC (Near Field Communication). Sebuah fitur yang membuat penggunanya mampu melakukan berbagai transaksi cashless tanpa perlu kartu dan juga uang cash.

Contactless. Fitur ini ada pada Samsung Galaxy A12 namun absen di Samsung Galaxy M12. Hal ini banyak yang menyayangkannya.

Kedua adalah fitur Radio. Fitur ini lagi-lagi hanya ada di Samsung Galaxy A12. Pada Samsung Galaxy M12 tidak ada. Meskipun tak semua pengguna memanfaatkan fitur ini tapi keabsennya di Samsung Galaxy M12 lumayan mengecewakan.

Selanjutnya adalah RAM serta memori internal. Samsung Galaxy A12 menawarkan variasi yang lebih banyak daripada Samsung Galaxy M12. Yakni kombinasi 32/3 GB, lalu 64/4 GB, lalu 128/4 GB, serta 128/6 GB. Adapun Samsung Galaxy M12 hanya menawarkan 3 variasi saja, yakni 32/3 GB, lalu 64/4 GB, dan juga 128/6 GB.

Yang keempat adalah segi sensor. Samsung Galaxy M12 memiliki sensor yang lengkap. Yakni sensor fingerprint, sensor akselerometer, serta sensor proximity. Akan tetapi Samsung Galaxy A12 tidak memiliki sensor yang terakhir, padahal sensor ini bermanfaat dalam mengamankan layar dari sentuhan yang tidak sengaja.

Berikutnya, untuk varian warna. Samsung Galaxy A12 tersedia dalam warna hitam, warna putih, warna biru, dan warna merah.

Sementara itu, Samsung Galaxy M12 hanya tersedia dalam warna abu-abu, warna hijau, dan warna biru.

Terakhir adalah soal harga. Samsung Galaxy A12 dibanderol dengan harga Rp 2,4 jutaan. Adapun Samsung Galaxy M12 itu dijual dengan harga Rp 2 jutaan saja.

Itu dia berbagai perbedaan Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy M12. Dari segi kelebihan, Samsung M12 banyak keunggulannya serta harganya juga jauh lebih murah. 

Namun di sini, Samsung A12 juga bagus. Untuk Anda yang mengincar salah satunya, coba perhatikan lebih jeli lagi, ya. Supaya tidak salah pilih.

Jika sudah memilih yang ingin dibeli, Anda bisa membelinya sekarang juga secara online lewat Blibli.com. Dijamin aman, terpercaya dan ada diskon menarik juga lho! (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler