Ini Sosok Koreografer dan Konseptor di Balik Tari Kolosal Nusantara di Pembukaan MotoGP Mandalika 2024

Rabu, 02 Oktober 2024 – 11:57 WIB
Tarian kolosal Kreasi Nusantara, sesaat sebelum memulai race MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024. Foto: dok KN

jpnn.com, LOMBOK - Sebanyak 250 penari asal Nusa Tenggara Barat (NTB), mementaskan tari Kreasi Nusantara, sesaat sebelum memulai race MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (29/9).

Atraksi budaya tari Nusantara tersebut untuk memeriahkan dan mengiringi para pembalap menjalani race MotoGP seri Pertamina GP of Indonesia 2024.

BACA JUGA: Waktu Terbatas, Jokowi Minta Menteri Fokus Persiapan Asian Games dan Moto GP

Berbagai unsur kebudayaan khas Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, berpadu cantik, selaras, menggambarkan keanekaragaman budaya Indonesia.

Penari yang pentas lebih banyak dari gelaran MotoGP tahun lalu, yakni sebelumnya 150 kini 250 penari.

BACA JUGA: Moto GP Valencia, Rossi Berpeluang Permalukan Rider Kandang

Adalah Harris Nasution, sutradara, koreografer dan juga konseptor tarian kolosal dan kreasi nusantara.

Mantan murid Guruh Soekarno Putera di tahun 90-an itu, juga yang menyiapkan para penari untuk pentas.

BACA JUGA: Dukung Ajang MotoGP Mandalika, ASDP Catat Kenaikan Trafik Penumpang Hingga 26 Persen

Kecintaannya terhadap tarian tradisional di Indonesia sudah dia pupuk sejak usianya masih duduk di bangku sekolah dasar.

Oleh karena itu, tak heran, kini dia menjadi salah satu koreografer tari kreasi nusantara di Indonesia, dan mengemban tugas untuk memperkenalkan Indonesia melalui tarian di ajang MotoGP Mandalika.

"Tarian ini yang menggambarkan keaneka ragaman Budaya di Indonesia, Zamrud Khatulistiwa sehingga, para turis ataupun tamu yang hadir saat itu, bisa menyaksikan keindahan budaya Indonesia melalui tarian," ujarnya.

Para tamu di Sirkuit Mandalika bisa menyaksikan budaya di Indonesia seperti Gendang Beligh dari Nusa Tenggara Barat dan Tari Perang dari NTB, Tari Gandrung Sasak yang merupakan kombinasi antara daerah NTB dan Bali, Tari Bedhaya Jawa Tengah, Tari Dayak khas Kalimantan, Reog Ponorogo, tari khas Betawi.

Untuk memeriahkan tarian kolosal, juga ada color guard atau permainan bendera, serta penampilan dari Novia Bachmid sebagai penyanyi Indonesia Raya dan penampilan dari Putri Indonesia NTB.

"Indonesia itu kaya akan suku, budaya, tarian, jadi kami ingin memperlihatkan dalam bentuk kolosal kepada tamu mancanegara yang hadir. Kalaupun berasal dari turis lokal, juga mampu mengingatkan kembali, kita ini bangsa yang kaya akan budaya," tuturnya.

Untuk mempersiapkan tarian kolosal 250 penari ini, Harris mengaku, membutuhkan waktu kurang lebih dari satu bulan.

Mulai dari pembuatan konsep bersama Injourney Tourism Development Corporation (ITDC), persiapan latihan, pemilihan kostum tari, koreografi, tata letak, dan sebagainya.

"Tarian ini sebenarnya efektif latihannya sekitar 6 harian, sisanya kita lebih ke GR (gladi resik)," ujarnya

Para penari berasal dari sekolah-sekolah seperti SMA, mahasiswa sanggar setempat, serta tambahan penari dari Jakarta.

Harris senang semua bisa berjalan lancar dan para penari bisa mengikuti proses latihan dan juga arahan darinya, sehingga gelaran berjalan sesuai skenario.

"Saya bersyukur bisa diberi kesempatan dalam memperkenalkan budaya Indonesia lewat tarian dan gelaran kolosal ini, semoga bisa membawa Indonesia semakin mendunia lagi," ujarnya. (flo/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler