Ini Tips Mudik Aman dan Nyaman dari Kemenhub

Senin, 24 Desember 2012 – 14:25 WIB
JAKARTA - Kementerian Perhubungan memberikan imbauan atau tips bagi seluruh masyarakat yang melakukan liburan maupun mudik pada musim libur Natal 2012 dan Tahun Baru 2013.

Hal itu demi kelancaran, keamanan dan keselamatan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan darat, laut maupun udara. "Perhatikan cuaca bila akan melakukan perjalanan," kata Kepala Humas Kemenhub Bambang S Ervan menjawab JPNN, Senin (24/12).

Ervan mengingatkan untuk pengguna jalan raya agar patuhi rambu kecepatan. "Jangan ngebut walaupun jalan lengang," imbaunya.

Kemudian untuk pengguna angkutan laut, kata dia mengingatkan, jangan memaksakan untuk naik bila petugas sudah menyatakan kapasitas kapal melebihi.

"Apabila diketahui bahwa kapal sudah melebihi kapasitas, bisa diketahui dari tidak terlihatnya garis air di kapal, segera lapor ke petugas Syahbandar dan jangan memaksakan naik kapal," ujarnya.

Ia menambahkan, bila ada larangan berlayar oleh Syahbandar agar tetap tenang, jangan anarkis untuk memaksa kapal berlayar.

Ervan juga mengimbau untuk penumpang pasawat udara agar merencanakan perjalanan sebaik mungkin. "Jangan membeli tiket di calo karena akan merugikan diri sendiri. Nama tidak tercantum dalam tiket, dapat tidak diperolehnya kompensasi ganti rugi bila ada keterlambatan," kata Ervan.

Lebih jauh dia mengatakan bila membawa barang berharga, agar tidak diletakkan di koper bagasi. "Bawa ke kabin. Laporkan barang berharga yang dimasukkan dalam koper di bagasi," pungkasnya. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Hatta Ikuti Proses Persalinan Aliya

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler