Ini Upaya Meningkatkan Literasi Keuangan Jutaan Perempuan Indonesia

Rabu, 13 Desember 2023 – 10:34 WIB
Ini Upaya Meningkatkan Literasi Keuangan Jutaan Perempuan Indonesia. Foto: Prudential

jpnn.com, JAKARTA - Prudential Indonesia bersama Prudential Syariah mempertegas komitmen mendukung perempuan makin berdaya dengan memperluas program edukasi 'Literasi Keuangan bagi Perempuan'.

Program bersama Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini berhasil menjangkau 17,6 juta perempuan di berbagai wilayah Indonesia.

BACA JUGA: Prudential Indonesia Gelar Program Vaksinasi Pneumonia untuk Nasabah dan Karyawan

Edukasi yang diberikan dalam hal peningkatan pengetahuan dasar manajemen keuangan, serta pentingnya proteksi bagi diri dan keluarga.

Keberlanjutan program literasi keuangan tersebut diwujudkan dalam workshop bertema 'Merdeka Finansial Bukan Sekedar Impian' berkolaborasi dengan MES, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), serta dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BACA JUGA: Prudential Syariah Raih Penghargaan Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah Terbaik se-Asia

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati, mengatakan perempuan merupakan kekuatan bangsa dan negara yang akan menentukan pembangunan Indonesia di masa depan.

"Dengan memiliki pemahaman dasar finansial, perempuan akan lebih percaya diri dalam mengambil keputusan keuangan yang tepat," ujar I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dalam keterangannya, Rabu (13/12).

BACA JUGA: Prudential Sosialisasi Literasi Finansial untuk Kaum Perempuan di Indonesia Timur

Dia meyakini perempuan yang berdaya secara ekonomi akan turut serta meningkatkan kesejahteraan keluarga, memberikan nutrisi, serta pendidikan yang layak bagi anak-anaknya.

"Dalam jangka panjang, berdayanya seorang perempuan akan mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Presiden Direktur Prudential Indonesia Michellina Laksmi Triwardhany menekankan pentingnya peran perempuan sebagai penggerak ekonomi nasional.

"Kami percaya bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki perempuan yang cerdas dan berdaya, termasuk dalam hal finansial," kata Michellina.

Selama 2023, Prudential Indonesia dan Prudential Syariah telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan edukasi keuangan di empat kota, yaitu di Sumenep (Madura), Pati, Lombok Utara, dan Halmahera Barat, secara hybird dengan total partisipasi sebanyak 4.528 peserta.

Program ini juga menjadi bagian dari komitmen Prudential Indonesia dan Prudential Syariah dalam menjangkau wilayah-wilayah 3T (daerah tertinggal, terdepan, dan terluar) yang masih perlu mendapatkan perhatian lebih, termasuk dalam sisi literasi keuangan. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler