Inilah 3 Isu Menyerang Ridwan Kamil Jelang Pilgub Jabar

Senin, 12 Juni 2017 – 01:08 WIB
Wali kota Bandung, Ridwan Kamil menerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan bidang Koperasi dan UMKM dari Presiden Joko Widodo pada Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional di halaman Kantor Gubernur Jambi, Kamis (21/7). Foto: Ridwan/Jambi Ekspres Ilustrasi :

jpnn.com, JAKARTA - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil sudah resmi menyatakan diri akan bertarung di Pemilihan Gubernur Jawa Barat yang akan berlangsung, Rabu 28 Juni 2018 secara serentak untuk 171 pilkada.

Baru menyatakan akan maju, sejumlah isu sudah menyerang pria yang juga arsitektur itu.

BACA JUGA: Beredar Foto Ridwan Kamil yang Dianggap Permainkan Hadis

Berdasarkan catatan JPNN, sudah ada tiga yang menyerang:

1. Pengakuan Memilih Diusung Nasdem Karena Punya Media dan Kejaksaan

BACA JUGA: Ridwan Kamil dan Dede Yusuf Paling Diinginkan Pimpin Jabar

Pengakuan Ridwan Kamil yang menyampaikan alasannya menerima pinangan Nasdem sebagai partai pengusung karena punya media dan kejaksaan terekam dalam video.

Terunggah di media sosial awal Mei 2017, video itu pun menjadi viral.

BACA JUGA: ‘Kalau Bu Susi Maju Pilgub Jabar Bisa Porak-poranda Nih’

Lihat: Nasdem Punya Kejaksaan, Tak Percaya? Lihat Videonya...

Pakar Mikro Ekspresi Mardigu memastikan bahwa sosok yang berada di video berdurasi sekitar 2,5 menit itu adalah Ridwan Kamil.

Ridwan tak membantah. Namun dia menyebut bahwa video tersebut sengaja dipotong sehingga secara utuh maknanya terdegradasi.

Namun teknokrat itu tetap percaya diri menghadapi Pilgub Jabar. Dia yakin video dengan pengakuan mengejutkan itu akan menurukan elektabilitasnya.

2. Berita Hoaks Mendukung LGBT

Belum tuntas pengakuan mengejutkan Nasdem punya media dan kejaksaan, muncul lagi isu mendukung Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT).

Isu ini bersambung. Ridwan kembali bersuara. Lewat akunnya di Instagram, dia meluruskan kabar tersebut.

Ridwan memposting dua berita berbeda isi dengan menggunakan foto peristiwa yang sama. Berita pertama bersumber dari situs online dengan judul “Final, Bobotoh Bakal Kembali Buka Baju.”

Sedangkan berita kedua bersumber dari situs online di Jawa Barat dengan judul “Astaga…!! Ridwan Kamil Ternyata Anggap Perilaku Dan Menjadi LGBT Adalah Hak Dan Hal Yang Wajar.”

Ridwan menyebut berita bertama fakta, sedangkan berita kedua hoax dan fitnah. Di bawah kedua berita tersebut terdapat meme bertuliskan Ridwan Kamil For Jawa Barat dilengkapi lambang Partai PDI-Perjuangan.

Dua berita tersebut sama-sama menggunakan foto Ridwan Kamil telanjang dada bersama sejumlah bobotoh. Foto itu diambil ketika Emil berorasi di depan bobotoh saat menghadiri pertandingan semifinal Indonesia Super League 2014 melawan Sriwijaya FC di Stadion Jakabaring, Palembang.

3. Mempermaikan Hadis Nabi Muhammad SAW

Ridwan Kamil kembali menjadi sorotan di dunia virtual. Terbaru, gambar pria yang akrab disapa Kang Emil itu dengan candaan yang dianggap mempermaikan hadis.

Gambar itu muncul di instagram dengan akun ais.jawatengah dengan 1040 likes. Meskipun sudah lama diunggah, 27 Mei 2017 lalu, namun tetap saja menjadi sorotan.

Foto itu menggambarkan Kang Emil disuap oleh istrinya, Atalia Praratya. Betapa mesra pasangan ini. Atalia sedang menyuapi suaminya yang menatap kamera.

Beredar Foto Ridwan Kamil yang Dianggap Permainkan Hadis. Screenshot JPNN.com

Tapi bukan itu yang disorot netizen. Melainkan pesan yang tertulis menyertai gambar terebut.

”Apa bila seorang Istri menyiapkan makan sahur dan berbuka dengan ikhlas untuk suaminya selama bulan puasa selama datangnya THR, maka semua pintu Mall akan terbuka untuk Istri dan bebas memilih untuk masuk dari pintu mana saja.” (Diriwayatkan oleh ibu-ibu)

Tulisan inilah yang dianggap mempermainkan hadis Nabi Muhammad SAW. Karena susunan katanya mirip dengan:

”Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: “Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau”. (HR. Ahmad).

(JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mengejutkan! Elektabilitas Istri Gubernur Jabar Berada di Urutan....


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler