Inilah 6 Desa Finalis Lomba Kampung Sehat yang Digagas Kapolda NTB Irjen Iqbal

Jumat, 06 November 2020 – 22:01 WIB
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal saat meluncurkan program Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Juli 2020 lalu. Dokumentasi pribadi

jpnn.com, MATARAM - Sebanyak 6 desa menjadi finalis terkait lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru Nusa Tenggara Barat (NTB) yang digagas Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal.

Keenam desa itu nantinya akan diseleksi kembali untuk menentukan siapa pemenang terkait lomba tersebut.

BACA JUGA: Kapolres AKBP Alamsyah Pimpin Apel Khusus Pemecatan Hengki, Hendra dan Antonius

"Tim penilai tingkat Provinsi sudah terjun ke 10 kabupaten atau kota di wilayah NTB. Dengan selesainya tugas tim penilai tingkat provinsi di seluruh kabupaten/kota, telah mendapatkan 6 nominator terbaik Lomba Kampung Sehat," kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto dalam keterangan yang diterima, Jumat (6/11).

Keenam desa yang lolos ke babak final ialah Desa Kembang Kuning,Lombok Timur; Desa Perenek, Sumbawa; Desa Mura, Sumbawa Barat; Dasan Cermen, Mataram; Desa Genggelang, Lombok Barat; dan Desa Pesanggrahan, Lombok Timur.

BACA JUGA: Foto dan Video Pembunuh Bunda Maya Tengah Berjoget Viral, Heboh, Ini Kata Pak RT

Menurut Arianto, keenam desa itu akan kembali dinilai dari segi prestasinya. Termasuk upaya desa dalam menanggulangi penyebaran Covid-19.

"Seperti kekompakan warganya dan inovasinya. Seperti misalnya Desa Mura, yaitu melaksanakan program dengan penguatan Dasawisma, melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, membuat taman-taman desa sebagai tempat bermain warga Desa Mura agar tidak bermain keluar untuk mencegah COVID-19 dan sebagai tempat berjualan UMKM yang ada," ujar Artanto.

BACA JUGA: Aksi Bu Polwan Viral, Irjen Iqbal Melapor ke Kapolri dan Segera Meluncur ke Dompu

Artanto menuturkan untuk mengapreasiasi semua pihak yang memeriahkan lomba ini, panitia juga memilih bupati, kapolres, dandim, kadis, camat, kapolsek, danramil, kades atau lurah, serta bhabinkamtibmas dan babinsa terbaik dari 10 kabupaten atau kota.

"Panitia juga akan menilai tempat ibadah, pasar dan tempat wisata terbaik," ucap Artanto.

Artanto menyampaikan Lomba Kampung Sehat NTB akan berakhir pada Senin (9/11) besok. Panitia akan mengumumkan tiga pemenang, yakni juara 1, 2 dan 3 di Hotel Killa Senggigi Beach.

Seperti diketahui, Polda NTB menggandeng Pemprov NTB dan Korem 162/Wira Bhakti mengadakan lomba dengan tujuan membuat gerakan lawan Covid-19 yang masif di tingkat desa.

Lomba itu bertema Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru NTB. Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal mengatakan, program ini bertujuan untuk menstimulasi rakyat di wilayah hukumnya untuk terlibat dalam penanggulangan Covid-19.

 

BACA JUGA: Pratu Firdaus Kurniawan Meninggal Dunia dalam Kontak Tembak di Titigi Papua

"Kami sengaja mendesain program ini dalam bentuk lomba. Karena, lomba adalah metode terbaik untuk mengajak masyarakat terlibat aktif dalam upaya-upaya melawan COVID-19. Kami sadar bahwa program intervensi terhadap Covid-19 sebaik apa pun, tidak akan berhasil tanpa partisipasi masyarakat," kata Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal dalam keterangan tertulis, Jumat (19/6). (tan/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler