Inilah 7 Makanan yang Kaya Akan Glutamin

Kamis, 30 Januari 2020 – 20:49 WIB
Telur. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Glutamin adalah asam amino yang secara alami diproduksi oleh tubuh. Sama halnya seperti semua asam amino lainnya, glutamin berfungsi sebagai blok pembangun otot.

Glutamin adalah salah satu asam amino yang bisa menerobos penghalang darah di otak, karena bisa diserap oleh otak.

BACA JUGA: Ketahui Manfaat Telur untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa makanan yang banyak mengandung glutamin, seperti dilansir laman Stylecraze, Rabu (29/1).

1. Makanan Laut

BACA JUGA: 3 Makanan Laut Ini Bantu Atasi Kolesterol Tinggi

Makanan laut, seperti ikan, kerang, udang, dan kepiting, adalah sumber glutamin yang sangat baik. Ikan air laut mengandung lebih banyak kandungan glutamin daripada ikan air tawar. Anda bisa mengukus, memanggang, atau menambahkannya ke sup dan salad. Pastikan Anda tidak memasaknya terlalu matang karena mereka akan kehilangan tekstur dan nilai makanan.

2. Daging Rumput

BACA JUGA: 4 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Daging adalah sumber protein yang sangat baik. Ayam, domba, dan sapi adalah sumber glutamin yang hebat, dan Anda bisa memasukkan salah satu dari makanan ini ke dalam makan siang atau makan malam Anda. Namun, berhati-hatilah dengan jumlah daging merah yang Anda konsumsi jika Anda gemuk atau memiliki masalah jantung atau tekanan darah tinggi.

3. Kubis Merah

Kubis merah adalah sayuran yang kaya glutamin. Ini membantu membangun kekebalan dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

4. Susu

Susu sapi yang diberi makan rumput kaya akan glutamin dan membantu meningkatkan produksi glutathione, antioksidan. Konsumsilah susu di pagi hari dengan sarapan tanpa tambahan gula untuk mengisi kembali kadar glutamin dalam tubuh Anda. Ini juga akan memperkuat tulang Anda dalam prosesnya.

5. Telur

Telur juga merupakan sumber glutamin yang baik. Seratus gram telur mengandung 0,6 gram glutamin. Tergantung pada kebutuhan harian Anda, Anda bisa mengonsumsi telur untuk sarapan atau makan siang untuk menyediakan tubuh Anda dengan jumlah vitamin, mineral, dan asam amino yang diperlukan.

6. Yogurt

Yogurt memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan jumlah bakteri usus dan meningkatkan pencernaan. Masukkan dalam diet Anda jika Anda mencari sumber makanan glutamin. Pastikan yogurt yang Anda konsumsi berasal dari susu yang diberi makan rumput.

7. Keju Ricotta

Keju Ricotta diperoleh dengan menambahkan asam sitrat atau jus jeruk nipis ke dalam susu, yang menyebabkan pengendapan protein susu.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler