Berbagai rumor tentang penyanderaan yang berlangsung di sebuah kafe di area Martin Place, tengah beredar di sekitar Sydney dan di media sosial. Inilah sejumlah fakta yang sudah banyak diketahui sekaligus yang belum diketahui oleh publik.

Yang Sudah Diketahui...

BACA JUGA: Komunitas Muslim Sydney Khawatir Insiden Martin Place Perparah Intoleransi

·         Pelaku bersenjata telah menahan sandera, dengan jumlah yang belum diketahui, di dalam Kafe Lindt, Martin Place, sejak sekitar pukul 09:45 pagi (15/12) waktu setempat.

·         Polisi New South Wales mengetahui identitas penyandera, dan ia dikenal polisi.

BACA JUGA: Dekat Lokasi Pengepungan, Konsulat AS di Sydney Dievakuasi

·         Polisi telah melakukan kontak langsung dengan penyandera, dan sedang melakukan negosiasi.

BACA JUGA: Pelaku Penyanderaan di Sydney Tidak Gunakan Bendera ISIS

·         Sejumlah sandera telah terlihat dengan tangan mereka menempel pada kaca jendela kafe.

·         Lima orang telah melarikan diri dari kafe sejak pengepungan dimulai, tetapi tidak jelas apakah mereka melarikan diri atau dibebaskan.

·         Sejauh ini belum ada sandera yang terluka: "Yang saya tahu, tidak ada orang yang terluka, dan kami sangat bersyukur," kata Komisaris Polisi Andrew Scipione.

·         Menurut Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, penyandera ‘mengklaim adanya motivasi politik’.

·         Penyandera ingin dikaitkan dengan Islam, mereka pun memajang bendera hitam dengan tulisan syahadat berbahasa Arab, yang ditunjukkan lewat jendela.

·         Bendera itu bukanlah bendera yang digunakan oleh kelompok ISIS.

·         Penyandera digambarkan berusia separuh baya dengan jenggot, dan mengenakan ikat kepala.

·         Martin Place, Gedung Opera, Perpustakaan Negara dan semua pengadilan yang terletak di distrik bisnis Sydney telah dievakuasi.

·         Komite Keamanan Nasional dari Kabinet Australia telah bertemu dua kali; PM Abbott menggambarkan insiden ini sebagai peristiwa yang "sangat memprihatinkan" dan menawarkan bantuan apapun kepada negara bagian New South Wales.

·         Dinas Kesehatan NSW telah mengkonfirmasi bahwa salah satu sandera yang muncul dari tempat pengepungan, yakni Kafe Lindt, sedang dirawat di rumah sakit. Pria itu telah dibawa ke Rumah Sakit St Vincent, ia dikabarkan berada dalam kondisi yang stabil.

·         Para sandera telah menghubungi sejumlah media, termasuk ABC, pada siang hari. Polisi telah meminta media untuk tidak mengungkapkan isi percakapan para sandera.

·         Wilayah udara di atas distrik bisnis Sydney tidak ditutup, meskipun ada laporan yang bertentangan.

 

Yang Belum Diketahui...

·         Jumlah sandera yang masih berada di kafe. Seorang pejabat di Lindt Australia mengatakan, sekitar 10 staf dan sekitar 30 pelanggan berada di dalam, tetapi polisi mengatakan jumlah sandera tidak lebih dari 30. Tujuh wartawan yang mengaku bisa menengok ke dalam kafe mengatakan, ia melihat sekitar 15 sandera.

·         Motivasi atau tujuan dari penyandera, kecuali pernyataan Perdana Menteri Tony Abbott yang menyebut adanya ‘motivasi politik’.

·         Apakah insiden itu terkait dengan terorisme atau tidak - meskipun polisi NSW "bertindak sesuai dengan protokol anti-terorisme".

·         Jenis senjata atau bahan peledak jenis yang mungkin dimiliki para penyandera.

·         Apakah orang-orang yang meninggalkan gedung itu karena melarikan diri atau dibebaskan.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Komunitas Muslim Australia Akan Gelar Doa Bersama Menyusul Tragedi Penyanderaan

Berita Terkait