Inilah Daftar Santri Paling Top untuk Jadi Cawapres Jokowi

Rabu, 11 Juli 2018 – 15:05 WIB
Mahfud MD bertemu TGB HM Zainul Majdi di Pendopo Gubernur NTB, Sabtu (7/4), membahas soal Pilpres 2019. Foto: Humas NTB For Lombok Post

jpnn.com, JAKARTA - Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) merilis hasil survei teranyar tentang nama-nama calon wakil presiden (cawapres) dari kalangan santri untuk Pemilu 2019. Responden KedaiKOPI menilai para tokoh yang muncul cocok untuk mendampingi Joko Widodo (Jokowi) pada pemilihan presiden (pilpres) tahun depan.

Peneliti KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo mengatakan, merujuk survei yang dilakukan pada 3-7 Juli 2018 itu maka nama Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) M Zainul Majdi memiliki elektabilitas teratas. Dari 1.148 responden KedaiKOPI ada 34,1 persen responden yang memilih tokoh yang beken dengan panggilan Tuan Guru Bajang (TGB) itu.

BACA JUGA: Gerindra: Semoga Kami Tidak Meninggalkan PKS

Di bawahnya ada Ketua Umum DPP PPP  Romahurmuziy (27 persen) dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (22,9 persen). Sedangkan di urutan berikutnya adan nama  Moh Mahfud MD (7 persen), Din Syamsudin (6,1 persen) dan Said Aqil Siroj (2,9 persen). 

"Tokoh-tokoh ini dipersepsi sebagai santri yang mampu menduduki jabatan wakil presiden terutama untuk Pak Jokowi," ujar Kunto dalam siaran pers KedaiKOPI, Rabu (11/7).

BACA JUGA: Kecewa Sama TGB, PA 212 Ogah Usung AHY dan Semua Berbau SBY

Menurut Kunto, hasil survei juga memperlihatkan mayoritas responden memersepsikan tokoh-tokoh berlatar belakang TNI dan Polri sebagai figur tegas. Antara lain Gatot Nurmantyo (43,2 persen), Agum Gumelar (30,7 persen), Tito Karnavian (15,2 persen), Moeldoko (8,7 persen) dan Budi Gunawan (2,2 persen). 

"Nama Pak Agum Gumelar memang agak mengejutkan karena sudah lama tidak muncul dalam pemberitaan nasional. Namun rupanya memiliki tabungan popularitas serta teruji dalam lanskap politik Indonesia," kata Kunto.

BACA JUGA: Gubernur Anies, Tolong Simak Surat Terbuka Ustaz Mahfuz Ini

Survei KedaiKOPI dilakukan di sepuluh provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Lampung, Sumatera Selatan dan Riau.  Margin of error dalam survei yang menggunakan metode multistage random sampling itu ada di angka 2,89 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Airlangga Temui SBY, PD Tak Serta-Merta Ikut Usung Jokowi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler