Inilah Para Politisi Beken yang Tumbang

Sabtu, 26 April 2014 – 08:48 WIB

jpnn.com - BANDUNG--Sejumlah politisi ternama asal daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat diperkirakan tidak akan lolos ke Senayan. Dari penghitungan wartawan berdasarkan hasil rekapitulasi suara tingkat nasional dapil Jabar yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, 22-24 April.

Sejumlah calon legislator senior  kalah bersaing dengan calon anggota legislatif pendatang baru. Pada dapil I Jabar yang meliputi Kota Bandung dan Cimahi, terdapat nama seperti mantan Walikota Cimahi Itoch Tochija (38.517 suara), Fungsionaris DPP Golkar, Happy Bone (24.049 suara), dan Anggota DPR RI periode 2009-2014 Arif Minardi (21.639 suara) yang gagal dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

BACA JUGA: Rieke Terbanyak, Dede Yusuf Peringkat Tiga

Di dapil yang memiliki jatah tujuh kursi DPR RI itu, mereka kalah bersaing dengan pendatang baru seperti Junico BP Siahaan asal PDIP (64.980 suara), Sodik Mujahid dari Partai Gerindra (41.801 suara), dan Arief Suditomo asal Partai Hanura (24.649 suara).

Selain legislator pendatang baru, di dapil 1 Jabar ini terdapat juga politisi petahana yang diprediksi akan kembali dilantik menjadi wakil rakyat lima tahun ke depan. Mereka ialah Ledia Hanifa (PKS, 30.179 suara), Ketut Sustiawan (PDIP, 32.234 suara), Popong  Otje Djundjunan (Golkar, 26.090 suara), dan Agung Budi Santoso (Demokrat, 18.487 suara).

BACA JUGA: Nurul Arifin, Ikang, Andre Hehanusa, Gagal ke Senayan

Di dapil Jabar II yang meliputi Kabupaten Bandung dan Bandung Barat, dua caleg petahana diprediksi akan tumbang, yakni Ajeng Ratna Suminar, dan Roestanto Wahidi yang keduanya berasal dari Partai Demokrat.

Di dapil yang dinilai ketat itu, kedua politisi asal partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono ini kalah bersaing dengan Cucun Ahmad Syamsul Rijal (PKB), Mamur Hasanudin (PKS), Yadi Sri Mulyadi dan Jalaludin Rakhmat (PDIP), Agus Gumiwang dan Lili Asyudiredja (Golkar), Rachel Maryam (Gerindra), Ahmad Najib (PAN), Dadang Rusdiana (Hanura), dan Dede Yusuf (Demokrat) yang diprediksi akan lolos ke Senayan.

BACA JUGA: Kader Lintas Partai Deklarasi Dukung Dahlan

Di dapil lain, terdapat juga caleg petahana yang diprediksi tidak akan lolos ke gedung kura-kura itu, yakni Inggrid Kansil (Demokrat, dapil Jabar IV), Arief Budimanta (PDIP, dapil Jabar III), Max Sopacua (Demokrat, dapil Jabar V), Nurul Arifin (Golkar, dapil Jabar VII), Tetti Kadi (Golkar, dapil Jabar VIII), dan Didi Irawadi Syamsudin (Demokrat, dapil Jabar XI).

Selain itu, mantan Menteri Kehutanan pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid I, MS Kaban, dan mantan Sekretaris Jenderal DPR RI Nining Indra Shaleh pun diprediksi gagal ke Senayan.

Kaban kalah bersaing dengan nama-nama seperti TB Soemandjaya (PKS), Adian Napitupulu (PDIP), Fadly Zon (Gerindra), dan Primus Yustisio (PAN) yang diprediksi akan lolos dari dapil Jabar V.

Sedangkan Nining Indra Shaleh yang berada di dapil VIII, kalah bersaing dengan nama-nama seperti Mahfudz Siddiq (PKS), Daniel Mutaqin dan Dave Akbarsyah Laksono (Golkar), serta Miriam S Haryani (Hanura). Selain itu, terdapat juga anggota DPRD Jabar periode 2009-2014 yang diprediksi akan gagal menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019.

Mereka ialah Lalu Suryade (PKS, dapil Jabar III), Nawafie Saleh (Golkar, dapil Jabar V), M. Q Iswara (Golkar, dapil Jabar VI), Selly Gantina dan Deden Darmansyah (PDIP), Ani Rukmini dan Eka Hardiana (PKS), serta Sugianto Nangolah dan Achdar Sudrajat (Demokrat). Sedangkan anggota DPRD Jabar lainnya, yakni Acep Adang Ruhiat, diprediksi akan lolos ke DPR RI.

Berikut prediksi caleg yang akan mengisi 91 kursi DPR RI asal Jabar:

Dapil I: Ledia Hanifa (PKS), Junico BP Siahaan dan Ketut Sustiawan (PDIP), Popong Otje D (Golkar), Sodik Mujahid (Gerindra), Agung Budi Santoso (Demokrat), dan Arief Suditomo (Hanura).

Dapil II: Cucun Ahmad S. R (PKB), Mamaur Hasanudin (PKS), Yadi Srimulyadi dan Jalaludin Rakhmat (PDIP), Agus Gumiwang dan Lili Asyudiredja (Golkar), Rachel Maryam (Gerindra), Dede Yusuf (Demokrat), Ahmad Najib (PAN), dan Dadang Rusdiana (Hanura).

Dapil III: Neng Eem Marhamah Zulfa (PKB), Ecky Awal Muharam (PKS), Ekas Sastra dan Deding Ishak (Golkar), Ahmad Riza Patria (Gerindra), Sjarifudin Hasan (Demokrat), Joko Purwanto (PPP), dan Erik Satrya Wardhana (Hanura).

Dapil IV: Yudi Widiana (PKS), Ribka Tjiptaning (PDIP), Dewi Asmara (Golkar), Heri Gunawan (Gerindra), Desy Ratnasari (PAN), Reni Marlinawati (PPP).

Dapil V: TP Soenmadjaja (PKS), Adian Napitupulu dan Indra Simatupang (PDIP), Airlangga Hartanto dan Ichsan Firdaus (Golkar), Fadly Zon (Gerindra), Anton Sukartono (Demokrat), Primus Yustisio (PAN), dan Achmad Farial (PPP).

Dapil VI: Mahfudz Abdurahman (PKS), Sukur Nababa dan Risa Mariska (PDIP), Wenny Haryanto (Golkar), Nuroji (Gerindra), dan Lucky Hakim (PAN).

Dapil VII: Sa'dudin (PKS), Rieke Dyah Pitaloka dan Tono Bahtiar (PDIP), Ade Komarudin dan Dadang S Muchtar (Golkar), Putih Sari (Gerindra), Saan Mustofa (Demokrat), Daeng Muhamad (PAN), dan Wardatul Asriah (PPP).

Dapil VIII: Dedi Wahidi (PKB), Mahfudz Siddiq (PKS), Ono Surono dan Yoseph Umarhadi (PDIP), Daniel Mutaqin dan Dave Akbarsyah Laksono (Golkar), Kardaya Warnika (Gerindra), Herman Khaeron (Demokrat), dan Miriam S. Haryani (Hanura).

Dapil IX: Maman Imanulhaq (PKB), Nur Hasan Zadi (PKS), Maruarar Sirait dan TB. Hasanudin (PDIP), Eldie Suwandie (Golkar), Oo Sutisna (Gerindra), Linda Megawati (Demokrat), dan Dony Ahmad Munir (PPP).

Dapil X: Yanuar Prihatin (PKB), Surahman Hidayat (PKS), Putri Guntur Soekarno (PDIP), Agun Gunanjar Sudarsa (Golkar), Amin Santono (Demokrat), Budi Youyastri (PAN), dan Asep Maoshul Affandy (PPP).

Dapil XI: Supiadin Aries Saputra (NasDem), Acep Adang Ruhiat (PKB), Mohamad Sohibul Iman (PKS), Dony Maryadi (PDIP), Ferdiansyah dan Ahmad Zacky Siradj (Golkar), Subarna (Gerindra), Siti Mufattahah (Demokrat), Haerudin (PAN), dan Nurhayati (PPP).(agp)

Diprediksi Tak Lolos

Itoch Tochija (PPP)
Happy Bone (Golkar)
Arif Minardi (PKS)
Ajeng Ratna Suminar (Demokrat)
Roestanto Wahidi (Demokrat)
Inggrid Kansil (Demokrat)
Arief Budimanta (PDIP)
Max Sopacua (Demokrat)
Nurul Arifin (Golkar)
Tetti Kadi (Golkar)
Didi Irawadi Syamsudin (Demokrat)
MS Kaban (PBB)
Nining Indra Shaleh (Nasdem)
Lalu Suryade (PKS)
Nawafie Saleh (Golkar)
M Q Iswara (Golkar)
Selly Gantina (PDIP)
Deden Darmansyah (PDIP)
Ani Rukmini (PKS)
Eka Hardiana (PKS)
Sugianto Nangolah (Demokrat)
Achdar Sudrajat (Demokrat)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Luthfi Hasan Gagal Dapat Keringanan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler