Inilah Platform Pembelajaran dan Pengembangan Diri di Era Informasi

Rabu, 02 Desember 2020 – 14:12 WIB
Ilustrasi pembelajaran digital. Foto: dok TambahPinter.com

jpnn.com, JAKARTA - Seiring pergeseran (shifting) pola interaksi masyarakat, kebutuhan akan tempat belajar online menjadi hal yang penting. Pandemi mempercepat proses ini, membuat platform pembelajaran digital menjadi hal yang tak asing lagi.

Kehadiran internet membuka kesempatan bagi setiap orang untuk mendapatkan akses pendidikan yang baik. Tingkat penetrasi internet Indonesia yang mencapai 64% (HootSuite, Januari 2020) menjadi jembatan menghadirkan pemerataan dan kesetaraan pendidikan.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: PA 212 Ngotot Reuni? Rizieq Shihab Tak Muncul, Moeldoko Angkat Suara

Pertanyaanya, seperti apa platform pembelajaran dan pendidikan yang dibutuhkan di era informasi ini?

Tantangan Platform Pendidikan Era Informasi

BACA JUGA: Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Belajar dari Libur Panjang Sebelumnya

Ada 3 tantangan utama yang dihadapi dan harus diselesaikan oleh platform pembelajaran digital di era informasi.

Pertama, bagaimana menghadirkan materi pembelajaran yang akurat, kredibel, dan memiliki rujukan yang terpercaya. Ini penting mengingat internet merupakan tempat bercampurnya segala macam informasi, baik faktual maupun hasil dari imajinasi.

BACA JUGA: Soal Izin Belajar Tatap Muka di Sekolah, Wagub DKI: Tidak Boleh Sembarangan

Kedua, bagaimana menghadirkan materi yang tidak hanya bersifat teoritis dan konseptual, tapi juga praktis dan applicable di kehidupan nyata.

Karena tujuan utama dari belajar adalah untuk diterapkan menjadi tindakan. Dalam hal era informasi, ini berarti berkorelasi langsung dengan dunia kerja dan bisnis profesional.

Selain itu, keterampilan teknis tak lagi menjadi satu-satunya fokus dalam pembelajaran. Penelitian dari beberapa universitas menyatakan dengan jelas peranan soft skills yang menentukan kesuksesan hingga 70-80 persen.

Ketiga, bagaimana menghadirkan materi ini agar terjangkau oleh semua kalangan. Mengingat banyaknya platform pembelajaran online yang mengambil biaya yang lumayan dari peserta, tantangan ini nyata adanya.

Menjawab Tantangan Pendidikan Era Informasi

Salah satu tempat belajar online gratis yang mampu menjawab ketiga tantangan tersebut adalah TambahPinter.com.

Platform ini menghadirkan materi pembelajaran dan pengembangan diri yang terpadu. Mulai dari tingkat menengah, pendidikan tinggi, hingga materi dunia kerja dan bisnis profesional.

“Misi TambahPinter.com juga meningkatkan 3 hal yang sangat penting dalam kehidupan yaitu pengembangan diri, pendidikan, dan penghasilan. Era informasi memungkinkan orang dapat
belajar kapan saja dan dimana saja tanpa terikat batasan,” tutur Fajri sebagai Digital Marketing Strategist TambahPinter.com

Selain itu, materinya disajikan dengan penjelasan yang mudah dipahami serta berasal dari sumber yang kredibel dan terpercaya.

Sebagai pelengkap dari pendidikan formal dan informal, platform pembelajaran TambahPinter.com dapat menjadi sumber pendidikan nonformal yang terpercaya. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler