Inilah Profil Rusia

Jumat, 01 Juni 2012 – 13:03 WIB

Pelatih asal Belanda Dick Advocaat senang memakai striker tunggal. Maka, biarpun skemanya 4-3-1-2, pada dasarnya hanya satu target man yang berada di lapangan, yakni Aleksandr Kerzhakov. Sedangkan Andrey Arshavin hanya menopang dari sisi sayap kiri.
 
Serangan dari sayap kiri Rusia akan sangat dahsyat karena ada Yuri Zhirkov di sana yang akan menopang gerakan Arshavin dari belakang. Untuk menutupi ruang kosong akibat terlalu aktifnya Zhirkov menyerang, akan ada satu gelandang bertahan yang bertugas.
 
Serangan balik cepat menjadi cara yang disukai Advocaat mengingat banyaknya pemain cepat yang dimiliki. Agar keseimbangan tetap terjaga, para gelandang bertahan tetap disiplin menjaga pertahanan tanpa tergoda menyerang.
 
Strengths
- Serangan balik cepat. Hati-hati dengan serangan dari sektor kiri Rusia. Sangat cepat dan berbahaya karena ada Arshavin yang ditopang Zhirkov. Mereka bisa menusuk sendiri atau mengirim umpan silang.

- Piawai mengkreasi peluang. Keberadaan Alan Dragoev di lini tengah sangat vital. Dia memiliki kemampuan melepas umpan matang ke area lawan.

- Striker yang jago bola atas. Silangkan saja bola di atas gawang lawan, maka striker Kerzakhov siap melahapnya.

- Gelandang bertahan yang disiplin. Ketika para pemain depan sibuk menggedor gawang lawan, tiga pemain ini biasanya tetap setia menjaga posisinya, bertahan di tengah. Mereka adalah Igor Denisov, Roman Shirokov, dan Konstantin Zyryanov.
 
Weaknesses
- Suka berulah. Para pemain bintang Rusia, seperti Arshavin atau Roman Pavlyuchenko, selalu sulit diprediksi. Permainan mereka bagus, tetapi ulah mereka sering merugikan.

- Ego besar pemain bintang. Akibatnya, mereka sukar diatur dan kurang bisa bekerja sama dengan pemain lainnya. Dibutuhkan ketegasan pelatih untuk mengatasinya.

 - Minim rotasi. Ini membuat para pemain merasa nyaman dengan posisinya. Parahnya lagi, ketika terpaksa harus melakukan pergantian pemain, para pemain yang lain kurang siap untuk bertarung di lapangan karena jarang dimainkan.

- Ketergantungan kepada kiper Igor Akinfeev. Masalahnya, sang kiper baru saja pulih dari cedera panjang sehingga lama tidak bermain. Ini bisa berbahaya bila dia kurang panas menghadapi turnamen penting seperti Euro 2012.
 
Prediksi Starter
Igor Akinfeev, Aleksandr Anyukov, Vasili Berezutski, Sergei Ignashevich, Yuri Zhirkov, Roman Shirokov, Konstantin Zyryanov, Igor Denisov, Alan Dzagoev, Andrey Arshavin, Aleksandr Kerzhakov
 
Pelatih: Dick Advocaat
Tidak perlu mempertanyakan kualitas sang pelatih asal Belanda itu. Dia juga dekat dengan publik Rusia karena pernah membawa Zenit St Petersburg menjuarai Piala UEFA pada 2008. Tactician yang dijuluki Little General itu juga ingin memberikan persembahan terakhir yang hebat buat Rusia karena setelah Euro 2012 dirinya akan mundur dari jabatan pelatihnya. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kalahkan Serbia, Prancis Makin Percaya Diri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler