Innalillahi, Jenderal ini Meninggal Tepat 10 Tahun Pasca Pimpin Kopassus

Senin, 04 September 2017 – 21:06 WIB
Foto Letjen (Purn) Rasyid Quenuen Aquary semasa hidup. FOTO : Dok

jpnn.com, JAKARTA - 4 September 2007 pengabdian Rasyid Quenuen Aquary sebagai Komandan Jenderal (Danjend) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) resmi berakhir. Namanya kemudian dipilih menjadi Pangdam XVI/Pattimura. 10 tahun berselang, tepat di tanggal 4 September (hari ini), Sang Letjend (Purn) mengakhiri perjalanan sebagai insan. Beliau meninggal sore tadi pukul 16.50 di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Kepergian pria yang hobi bermain golf itu mengagetkan banyak rekannya. ”Karena selama ini beliau sehat dan bugar. Saya baru ketemu dua minggu lalu,” kata sahabat Rasyid, Ludy Eqbal.

BACA JUGA: Abituren Komando Angkatan 62 Gelar Reuni Perak di Markas Kopassus Solo

Rasyid dan Eqbal merupakan kawan akrab, terutama di lapangan golf. Mereka bahkan membentuk grup bernama Cepa Golf. Rasyid menjadi pembina, sedangkan Eqbal menjadi presiden. ”Beliau sosok yang tegas namun baik hati dan perhatian,” pujinya.

Karir militer Rasyid cukup gemilang. Sebelum menjadi Danjen Kopassus, pria kelahiran Bandung 13 Januari 1953 itu dipercaya memegang jabatan Dan Grup A Paspampres. Lepas dari Kopassus, dia sempat memimpin dua Komando Daerah Militer. Pertama, Pangdam XVI/Pattimura, dan Pangdam III/Siliwangi. Jabatan terakhirnya di militer adalah sebagai Sekjen Wantannas

BACA JUGA: Pembuat Hoaks Sungguh Bernyali, Berani Edit Foto Pasukan Kopassus

Usai pensiun dari dunia militer, Rasyid tetap aktif di banyak bidang. Dia dipercaya menjadi Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia. Di dunia golf, namanya menjadi Komisaris Utama Golflink Resort. Rencananya almarhum akan disemayamkan di rumah duka di kawasan Gongseng Raya, Cijantung, Jakarta Timur.

Selamat jalan Jenderal…. (JPNN/pda)

BACA JUGA: Pujian Panglima TNI Saat Kopassus Berulang Tahun

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Warning Panglima ke Negara Asing Penista Pancasila


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Kopassus  

Terpopuler