Insight Investments Dukung Nelayan Tanjung Boleng dengan Energi Terbarukan

Rabu, 09 Oktober 2024 – 22:57 WIB
Kapal baru yang diserahkan kepada nelayan di Desa Tanjung Boleng, siap beroperasi berkat dukungan dari CSR Insight renewable energy fund sebagai pelengkap penerapan teknologi ramah lingkungan untuk meningkatkan hasil tangkapan dan menjaga kualitas ikan. Foto: dok sumber

jpnn.com, MANGGARAI BARAT - PT Insight Investments Management (Insight Investments) bersama dengan Mitra Agen Penjual beserta Gerai Agen Penjual, Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) dan Yayasan Insan Bumi Mandiri (IBM) meresmikan Program Desa Energi Insight di Desa Tanjung Boleng, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Inisiatif tersebut adalah bentuk kontribusi sosial dari produk Reksa Dana Insight Renewable Energy Fund dan bertujuan untuk memberdayakan nelayan lokal melalui pemanfaatan teknologi energi terbarukan.

BACA JUGA: Invest for Impact: Dari INSIGHT IM untuk Anak Indonesia

Program ini dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dengan cara memperbaiki hasil tangkapan dan memperpanjang masa penyimpanan ikan.

Para nelayan mendapat dukungan berupa 5 unit kapal tangkap ikan, 20 pukat, 20 pancing, 1 unit ice maker, dan 3 unit cold storage berbasis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) on grid, yang memungkinkan mereka menjaga kualitas ikan lebih lama dan menjualnya dengan harga lebih tinggi.

BACA JUGA: Insight Raih TOP GRC Awards 2024, Tegaskan Komitmen Tata Kelola Perusahaan yang Baik

Teknologi ramah lingkungan ini dipasang untuk mendukung operasional sehari-hari nelayan sekaligus mengurangi ketergantungan pada energi konvensional.

Program ini juga menyediakan pelatihan literasi keuangan, ketahanan keluarga, serta pengolahan produk turunan dari hasil tangkapan ikan.

BACA JUGA: Inovatif Salurkan CSR, Insight IM Raih Bintang 5 TOP CSR Awards 2024

Direktur PT Insight Investments Management (Insight Investments) Ria M Warganda menyatakan bahwa pihaknya ingin menegaskan komitmen dalam mendukung pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi energi terbarukan.

"Kami mengapresiasi kerja sama yang terjalin dengan Yayasan Insan Bumi Mandiri dan semua pihak terkait yang telah berkontribusi dalam merealisasikan Program Desa Energi Insight,” ujar dia.

“Program ini juga tentunya tidak dapat terealisasikan tanpa dukungan para investor yang telah berinvestasi pada reksa dana kami, serta dukungan dari para Mitra Agen Penjual beserta Gerai Agen Penjual kami. Program ini juga merupakan bentuk berpartisipasi langsung investor dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan sekaligus melestarikan lingkungan,” lanjutnya.

Pada kesempatan ini, kegiatan juga turut dihadiri oleh perwakilan Mitra Agen Penjual dan Gerai Agen Penjual Insight Investments seperti Bareksa, Bank Muamalat, Fundtastic, Mandiri Sekuritas, Makmur, Mirae Asset Sekuritas Indonesia, dan Trimegah Sekuritas.

Direktur Program Yayasan Insan Bumi Mandiri, Hayatul Fikri Aziz, menambahkan bahwa melalui program ini, pihaknya berharap nelayan di Dusun Boleng dapat lebih mandiri secara ekonomi dan mampu memaksimalkan hasil tangkapan mereka.

"Semoga teknologi ini tidak hanya membantu meningkatkan produktivitas, tetapi juga menjaga keberlanjutan sumber daya alam," ujar dia.

Ketua Kelompok Nelayan Dusun Boleng, Sakarudin, juga menyampaikan apresiasinya terhadap program ini.

"Dengan dukungan ini, kami bisa menangkap lebih banyak ikan dan menyimpannya lebih lama. Ini sangat membantu meningkatkan pendapatan kami dan memberi harapan baru bagi nelayan di sini," katanya.

Program Desa Energi Insight diharapkan dapat menjadi model pemberdayaan nelayan yang dapat diterapkan di daerah lain, mendukung kesejahteraan masyarakat pesisir sambil menjaga kelestarian lingkungan melalui pemanfaatan energi terbarukan. (dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler