Instruksi Kapolri Jenderal Listyo: Jaga Kewibawaan dan Hindari Penyimpangan

Kamis, 13 Januari 2022 – 16:38 WIB
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (tengah) saat peresmian Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (13/1/2022). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo meresmikan Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya, Kamis (13/1). Tim ini bertugas memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. 

Jenderal bintang empat itu menginstruksikan Tim Patroli Perintis Presisi menjaga wibawa Polri.

BACA JUGA: Instruksi Terbaru Kapolri Jenderal Listyo untuk Seluruh Anggota Polisi, Harus Dilaksanakan

Dia juga meminta tim menghindari pelanggaran dan penyimpangan dalam bertugas. 

"Jaga kewibawaan dan hindari penyimpangan. Tampil dan hadir di tengah masyarakat, yakinkan bahwa dengan kehadiran rekan-rekan rasa aman betul-betul bisa diwujudkan," kata Kapolri Jenderal Listyo di Polda Metro Jaya, Kamis (13/1). 

BACA JUGA: Kapolri Instruksikan Akselerasi Vaksinasi untuk Lansia dan Anak

Mantan Kabareskrim Polri itu juga memerintahkan Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya menjalankan tugas secara humanis. Namun, Kapolri Jenderal Listyo meminta tim itu tidak ragu bertindak tegas dalam menghadapi aksi kriminal.

Dia berharap ketegasan tim menindak berbagai tindak kejahatan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam beraktivitas.

BACA JUGA: Tawuran Pelajar di Tangerang, 1 Tewas, Polisi Kejar Pelaku  

"Tampil baik dan humanis, berikan pelayanan yang terbaik, namun jangan ragu-ragu untuk melakukan tindakan tegas, berwibawa demi untuk memberikan rasa aman dan menghilangkan ketakutan masyarakat dari kejahatan-kejahatan jalanan," ujarnya.

Kapolri Jenderal Listyo juga mengingatkan kepada jajaran Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya untuk tidak melulu fokus pada penindakan kejahatan. 

Mantan Kapolda Banten itu mengingatkan kepada tim untuk membantu masyarakat yang membutuhkan meski hal itu hanyalah hal kecil.

"Di satu sisi, rekan-rekan juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan preventif, mulai dari melaksanakan kegiatan patroli, melakukan hal hal kecil yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat, mulai dari membantu menyeberangkan masyarakat yang membutuhkan rekan-rekan," katanya.

Selain itu, lanjut dia, anggota polisi juga dapat membantu hal-hal kecil yang mungkin dibutuhkan agar masyarakat terbantu dengan kehadiran tim sampai dengan melakukan langkah yang cepat pada saat terjadi kejahatan.

Kapolri Jenderal Listyo pun menyampaikan apresiasi kepada Polda Metro Jaya yang telah membentuk Tim Patroli Perintis Presisi demi menjaga keamanan masyarakat ibu kota dan sekitarnya.

"Sekali lagi, selamat atas terbentuknya Tim Patroli Perintis Presisi. Saya harapkan kehadiran rekan-rekan betul-betul bisa memberikan rasa aman terhadap masyarakat, khususnya aktivitas masyarakat yang berada di wilayah DKI Jakarta," kata Kapolri Jenderal Listyo. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler