Intan Aletrino Kagum Melihat Perempuan jadi Sopir Kendaraan Umum

Senin, 29 April 2024 – 00:20 WIB
Intan Aletrino dalam acara Driving Empowerment: Celebrating Kartini's Day With inDrive, di Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (26/4). Foto: Dok. Pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Model sekaligus pembawa acara Intan Aletrino merupakan salah satu wanita yang terus menggaungkan emansipasi wanita, agar bisa mendapatkan kesetaraan dalam kehidupan nyata.

Dia menganggap salah satu yang sudah melakukan kesetaraan gender dalam karier adalah dunia transportasi.

BACA JUGA: Perempuan 16 Tahun Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

Kini, banyak perempuan Indonesia menjadi sopir bus hingga ojek online.

Intan pun ikut merasa bangga melihah hal tersebut.

BACA JUGA: Sopir Bus TransJakarta ke Toilet, Lupa Tarik Rem, Terjadilah

"Jujur aku salah satu orang yang sejak kecil sangat kagum melihat bus yang dikendarai atau sopirnya adalah seorang wanita," ujar Intan Aletrino ketika menghadiri acara Driving Empowerment: Celebrating Kartini's Day With inDrive, di Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (26/4).

Menurutnya, hal tersebut membuktikan seorang wanita bisa mengerjakan banyak pekerjaan yang biasa dilakukan oleh lelaki.

BACA JUGA: Pesulap Merah Mengaku Pernah Jadi Pengemudi Ojek Online, Sebegini Lamanya

Salah satunya adalah mengemudi bus, mobil, hingga kendaraan bermotor.

Oleh karena itu, intan menilai perempuan merupakan sosok manusia kuat dan luar biasa karena bisa mengerjakan banyak hal, termasuk menjadi driver ojek online demi menghidupi keluarga.

"Seperti inDrive yang mempekerjakan wanita sebagai drivernya, bukti nyata bisa mengaplikasikan perjuangan wanita," tutur Intan.

Dia merasa tak ada ketakutan jika dirinya menggunakan transportasi umum hingga ojek online, terlebih ketika pengemudinya adalah seorang wanita.

Alasannya, Intan merasa punya teman berbicara dalam perjalanannya ke tempat tujuan, serta menjadi teman canda dan tawa ditengah kemacetan Kota ini.

"Cuma saya sebagai warga merasa salut dan nyaman ketika mendapatkan driver yang sesama wanita juga. inDrive ini contoh nyata yang bisa mengaplikasikan women empowerment dalam kehidupan nyata," tutur Finalis Puteri Indonesia 2016 itu.

Dia berharap dengan banyaknya wanita yang bisa menjadi ojek online, memberikan contoh kepada wanita lain untuk tidak takut dalam menjalani pekerjaan apa pun, agar bisa mendapat pemasukan buat keluarga.

"Zaman sekarang wanita diberikan kesempatan yang sama untuk bisa berpartisipasi, berkarier, hingga fokus sama keluarga dengan urus anak dan rumah," kata Intan Aletrino.

Sementara itu, Macro-Regional Drivers Branding Team Leader (APAC) inDrive Indonesia, Revy Fizano mengatakan, pihaknya ingin mengenang perjuangan RA Kartini yang dulunya, terus membakar semangat emansipasi wanita dalam kehidupan nyata, dengan menggaet banyak wanita menjadi driver, dalam usaha transportasi onlinenya itu.

Menurut Revy Fizano, para wanita yang berani untuk bekerja menjadi driver ojek online adalah bentuk nyata menjadi Kartini Modern versi diri sendiri.

"Menjadi Kartini modern versi saya melibatkan dedikasi untuk memperjuangkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di segala aspek kehidupan, termasuk dalam dunia kerja terutama industri transportasi," ujar Revy Fizano.

"Saya berupaya menjadi contoh bagi perempuan lain dengan menunjukkan bahwa kegigihan, kompetensi, dan sikap positif dapat membawa kesuksesan dan menginspirasi orang lain," tambahnya. (mcr7/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Asosiasi Ojek Online Pilih PPKM Mikro ketimbang Lockdown


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Firda Junita

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler