Intan Fauzi Raih Penghargaan Sebagai Legislator Propemberdayaan Perempuan

Senin, 02 Oktober 2023 – 22:58 WIB
Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Intan Fauzi. Foto: Humas PAN

jpnn.com, JAKARTA - Kepedulian Intan Fauzi terhadap isu kesetaraan gender tidak perlu diragukan. Energi perempuan kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, makin berlipat ketika diberi amanah partainya, PAN, sebagai Ketua Umum Perempuan Amanat Nasional (PUAN).

Kaum perempuan dari Kota Depok dan Kota Bekasi secara khusus mendapatkan perhatian Intan Fauzi.

BACA JUGA: Masinton Raih Penghargaan Legislator Pro Pemilu Bersih dan Pemberantasan Korupsi

Intan menyuarakan kepentingan kaum perempuan di berbagai sektor kehidupan masyarakat adalah tugas mulia.

“Kepentingan kaum perempuan tidak pernah lelah terus kami suarakan. Alhamdulillah, kesadaran masyarakat terus meningkat dalam melihat pentingnya peran perempuan, baik sebagai pribadi, sebagai istri, sebagai ibu, dan sebagai warga negara yang mendidik generasi penerus bangsa,” kata Intan.

BACA JUGA: Dapat Penghargaan Sebagai Legislator Aspiratif dan Humanis, Sufmi Dasco Merespons Begini

Hal itu dikatakan Intan seusai menerima KWP AWARD 2023 yang diselenggarakan Koordinatoriat Wartawan Parlemen di Ruang Pustakaloka, Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (2/10/2023).

KWP Award 2023 mengangkat tema 'Membangun Sinergisitas KWP dengan MPR RI, DPR RI, DPD RI dan Kementerian/Lembaga dalam Mewujudkan Parlemen Modern'.

BACA JUGA: Legislator Hingga Menteri dan Pimpinan Parlemen Bakal Terima KWP Award 2023

Dalam ajang bergengsi itu Intan Fauzi diganjar sebagai Legislator Pro Pemberdayaan Perempuan.

Ajang pemberian penghargaan terhadap kinerja Legislator, Senator dan Mitra Parlemen terselenggara atas dukungan Bank Mandiri, Hutama Karya, PLN, Pertamina Lubricants, Taspen, Inalum, BNI, MIND ID, BTN, ID FOOD, BPJS Kesehatan, Angkasa Pura I, Pupuk Indonesia, Petrokimia Gresik, Pelindo, Surveyor Indonesia, Angkasa Pura II, BRI dan Jasa Marga.

Biodata Singkat & Sepak Terjang Intan Fauzi

Intan Fauzi merupakan anggota DPR RI dua periode, yakni periode 2014-2019 dan periode 2019 - 2024.

Dia menempuh pendidikan di Universitas Indonesia pada 1987-1992 Jurusan Hukum Ekonomi.

Selepas dari UI, Intan Fauzi melanjutkan pendidikan magister di Universitas of Nottingham Inggris 1997-1998.

Adapun riwayat pekerjaan Intan Fauzi, diantaranya sebagai Komisaris PT Fauzi Panca Manunggal sejak 2014 - sekarang, CEO Graha Inti Fauzi di tahun 2007 hingga 2017, Manajer PT Indofood Sukses Makmur Tbk di tahun 1994 hingga 2007.

Di perusahaan Indofood, Intan tercatat pernah menjadi Kepala Representative Indofood di Tokyo Jepang.

Di awal kariernya, Intan juga pernah menjadi Staf Pengajar Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Mata Kuliah: Hukum Asuransi, Hukum Transportasi dan Hukum Surat Berharga di tahun 1994 hingga 2000.

Selama menjadi Anggota DPR RI Intan terlibat dalam beberapa kali sebagai panitia kerja pembuatan rancangan undang-undang (RUU).

Salah satu RUU yang mendapatkan perhatian publik, yakni Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) yang berhasil disahkan DPR RI.

Duduk sebagai Anggota Komisi VI DPR RI yang bermitra dengan Kementerian BUMN, Intan Fauzi berkomitmen memberdayakan kaum perempuan melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal itu ditunjukkan dengan dilaksanakannya pendampingan kaum perempuan di Kota Bekasi dan Kota Depok.

Di PAN, selain menjabat sebagai Ketum PUAN, Intan Fauzi dipercaya sebagai Ketua Bidang Penggalangan Suara Perempuan Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN) PAN. Di KPPN ini, ia bekerja keras bersama rekan-rekannya sesama Srikandi PAN dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Caleg perempuan PAN tercatat 37,2 persen di Pemilu 2024 dan tersebar di 84 Dapil di Indonesia. Secara keseluruhan, dari persentase itu tercatat ada 216 caleg perempuan dari total 580 caleg PAN, sehingga PAN menjadi partai dengan persentase tertinggi yang menempatkan caleg perempuan dibandingkan seluruh parpol yang ada di Parlemen," kata Intan beberapa waktu lalu.

“Kalau kami di PAN, perempuan itu memang ditempatkan secara proporsional, di kepengurusan itu kan kami sudah lebih jelas lebih dari 30 persen," kata Intan.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler