IPDI Jabar Dukung Upaya Pemerintah Membangun Perekonomian, Ada Beberapa Catatan

Kamis, 23 Maret 2023 – 13:09 WIB
IPDI Jawa Barat mendukung upaya pemerintah dalam pembangunan berkelanjutan, aman, kondusif, dan berkeadilan seusai deklarasi di kantor Sekretariat IPDI Jabar, Kamis (23/3). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Organisasi Profesi Ikatan Persaudaraan Driver Indonesia (IPDI) Provinsi Jawa Barat mendorong dan mendukung upaya pemerintah dalam pembangunan berkelanjutan, aman, kondusif, dan berkeadilan.

Dukungan itu diberikan terutama melalui sektor transportasi sebagai bagian dari upaya pemerintah di bidang perekonomian.

BACA JUGA: Tumbuhkan Perekonomian Daerah, Ganjar Optimalkan Ajang Borobudur Marathon 2023

Hal itu disampaikan oleh Ketua IPDI Provinsi Jawa Barat, Yana Supriatna seusai deklarasi di kantor Sekretariat IPDI Jabar, Kamis (23/3).

"IPDI merupakan organisasi profesi yang memliki visi mendorong kemajuan dan pembangunan secara kritis, dan berkeadilan disektor industri transportasi darat," kata Yana dalam keterangannya.

BACA JUGA: Ekonom Sebut Hilirisasi Nikel Pacu Perekonomian Daerah

Dia menyebutkan dengan berbagai dinamika industri transportasi di masyarakat dan para pekerja di bidang itu, pihaknya perlu memberikan masukan terhadap berbagai kebijakan pemerintah dengan situasi yang berkembang. 

Tak hanya itu, dia menyebutkan perlu peningkatan sumber daya manusia terutama para driver melalui berbagai cara.

"Memberikan masukan kepada Pemerintah agar dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) industri transportasi nasional, melalui Advokasi, Peningkatan Kompetensi, peningkatan kesejahteraan melalui UKM dan Koperasi," lanjutnya. 

Yana juga menyebutkan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif sebagai bagian dari jaminan kelancaran transportasi yang membantu memulihkan dan meningkatan perekonomian Nasional.

Di sisi lain, Yana juga menyebutkan aturan truk Over Dimension Over Loading (ODOL) yang masih menjadi polemik di kalangan sopir. 

Dia menilai aturan tersebut memiliki tujuan yang baik, tetapi jangan sampai driver menjadi korban petugas saat terjaring razia.

Yana menyebutkan aturan tersebut juga harus mengatur para konsumen atau pemilik barang yang ingin muatan yang melebihi kapasitas.

"Padahal kami sangat mendukung aturan dari pemerintah tentang ODOL, karena dapat menekan angka kecelakaan dan kerusakan jalan. Selain itu konsumen juga harus diedukasi agar mengerti dan mentaati aturan ini, sehingga tidak ada pelanggaran di lapangan,” ujar Yana.

Selain itu, menghadapi bulan Ramadhan dan Lebaran Idulfitri 2023, IPDI Provinsi Jawa Barat juga akan berpartisipasi untuk membantu pemerintah menjaga kelancaran distribusi barang kebutuhan masyarakat sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah.

"Kami dan anggota IPDI Jabar telah melakukan deklarasi untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, tertib berlalulintas dan menjaga peran penting sektor transportasi sebagai urat nadi perekonomian nasional," pungkas Yana.(mcr8/jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler