Ipol.id Terima Adinegoro Award 2023 pada HPN 2024

Kamis, 22 Februari 2024 – 07:13 WIB
Ifoed, jurnalis ipol.id yang memenangi penghargaan Adinegoro 2023 kategori Jurnalistik Media Karikatur pada puncak HPN 2024 di di Ecovention Ancol, Jakarta, Selasa (20/2/2024). Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Media siber nasional ipol.id menerima penghargaan tertinggi anugerah jurnalistik Adinegoro Award 2023.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hadir memberi selamat dan menyalami para pemenang pada acara puncak Hari Pers Nasional (HPN), Selasa (20/2/2024) di Ecovention Ancol, Jakarta.

BACA JUGA: Hadiri Puncak HPN 2024, Nana Sudjana Berharap Pers Jateng Jaga Profesionalitas

Panitia menyediakan hadiah Rp 35 juta untuk pemenang tiap kategori, trofi Anugerah Jurnalistik Adinegoro serta piagam penghargaan dari PWI/Panitia HPN 2024.

Adinegoro Award adalah penghargaan tertinggi untuk karya jurnalistik yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

BACA JUGA: Presiden Jokowi Ucapkan Selamat HPN 2024 Kepada Seluruh Insan Pers

Ipol.id menyabet untuk kategori Jurnalistik Media Karikatur.  Karikatur berjudul “AI, Sahabat atau Musuh?” merupakan karya karikaturis Muhammad Syaifuddin (Ifoed) yang sudah diterbitkan ipol.id pada 30 November 2023.

Ifoed, sapaan akrab Muhammad Syaifudin mengaku mengangkat tema karikatur mengambil latar melihat perkembangan teknologi saat ini yang sangat pesat.

BACA JUGA: Peringati HPN 2024, PWI dan KLHK Tanam Mangrove di TWA Angke Kapuk Jakarta

“AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan adalah teknologi yang dirancang untuk membuat sistem komputer mampu meniru kemampuan intelektual manusia. Fenomena disrupsi teknologi ini lantas menjadi pro dan kontra pada Masyarakat global. Hal ini menarik perhatian saya,” ujar Ifoed.

Pemimpin Perusahaan Ipol.id, Muhammad Solihin mengaku bangga atas pencapaian ini. Penghargaan ini melengkapi prestasi ipol.id, sebagai media siber nasional yang telah terverifikasi Dewan Pers.

“Di umur yang masih muda, raihan ini tentu kami sangat syukuri. Momen ini sekaligus menjadi pelecut kami untuk makin bisa memberikan advokasi informasi yang berkualitas dan profesional kepada masyarakat,” tegas Solihin.

Pesan RI1 untuk Pers

Dalam mome puncak HPN, Presiden RI Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2024 dan rasa terima kasih karena telah konsisten menemani pemerintah dan masyarakat dalam menjaga demokrasi serta turut mengawal penyelenggaraan Pemilu 2024.

Presiden menitipkan dua pesan. Pertama, Pers sebagai salah satu penjaga demokrasi, sebagai rumah bersama agar memberitakan fakta bukan asumsi atau seolah-olah mengada-ada.

Kedua, ia menitipkan kepada perusahaan pers untuk melakukan langkah-langkah konkret, membuat inovasi untuk merespon perubahan zaman, dan mandiri menyikapi persaingan global.

Presiden juga menyatakan pemerintah menyadari berbagai tantangan yang dihadapi insan pers di era digital.

Untuk itu, dia pun telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 32 tahun 2024  tentang tanggung jawab perusahaan platform digital untuk mendukung jurnalisme berkualitas atau Publisher Right.

Presiden menyebut semangat awal dari Perpres ini agar jurnalisme Indonesia berkualitas, jauh dari konten-konten negatif, dan mengedukasi.

“Kita juga ingin memastikan keberlanjutan industri media nasional, kerja sama yang lebih adil antara perusahaan pers dan platform digital. Kita ingin memberikan kerangka umum yang jelas bagi kerja sama perusahaan pers dan platform digital,” ucapnya.

Pada puncak HPN tersebut, juga diserahkan Anugerah Jurnalistik Adinegoro, penghargaan anugerah PWI 2024 kepada para Bupati/Wali Kota, pena emas kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan medali emas kemerdekaan pers kepada Menlu Retno Marsudi yang diwakili oleh Wamenlu Pahala Nugraha Mansury.

Puncak Peringatan HPN 2024 ini mengangkat tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”. (fri/pnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler