Irak Buat Timnas Indonesia Bertekuk Lutut, Filipina Menanti di Laga Berikutnya

Jumat, 17 November 2023 – 04:34 WIB
Irak membantai Timnas Indonesia dengans kor telak 5-1 dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F. Foto: PSSI

jpnn.com - Skor akhir 5-1 menutup laga Irak vs Timnas Indonesia dalam laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Internasional Basra, Basra, Kamis (16/11/2023) malam.

Indonesia sejatinya bermain cukup apik di hadapan 62 ribu pendukung tuan rumah. Pressing ketat diterapkan untuk memotong pergerakan bola pemain Irak.

BACA JUGA: Shin Tae Yong Kuatkan Mental Pemain Menjelang Laga Irak vs Timnas Indonesia

Strategi itu berjalan mulus sampai menit ke-20. Sayang, berawal dari sebuah kesalahan kontrol Marc Klok, bola dicuri oleh pemain Irak.

Bola kemudian menuju kaki Basar Bashar Resan. Dia berhasil mengecoh Asnawi Mangkualam sebelum menendang bola ke tiang dekat dan menjadi gol. Irak memimpin 1-0.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Sering Kalah dari Irak, Begini Respons Shin Tae Yong

Tertinggal satu gol membaut Timnas Indonesia mencoba keluar menyerang. Namun, upaya Skuad Garuda tak membuahkan hasil. Bukan gol penyama kedudukan yang didapat, Elkan Baggott dan kawan-kawan malah kebobolan lagi.

Kali ini, skor berubah menjadi 0-2 setelah bek Timnas Indonesia, Jordi Amat membuat gol bunuh diri. Eks pemain Espanyol itu salah dalam mengantisipasi crossing pemain Irak.

BACA JUGA: Irak vs Timnas Indonesia: Shin Tae Yong dan Jordi Amat Kompak Soal Ini

Memasuki menit ke-40, Indonesia tak lagi bisa memainkan Dimas Drajad yang mengalami cedera. Posisi Dimas digantikan oleh Rafael Struick.

Masuknya Rafael Struick langsung membuahkan hasil. Pada menit ke-45+2, pemain Ado Den Hag itu melakukan penetrasi sisi kiri pertahanan Irak.

Struik kemudian melepaskan umpan cutback ke arah Shayne Pattynama, yang sukses mengonversinya menjadi gol. Indonesia memperkecil ketinggalan menjadi 1-2. Skor tersebut bertahan hingga turun minum

Pada babak kedua, Indonesia bukannya bangkit. Skuad Garuda malah makin terpuruk. Strategi Pelatih Shin Tae Yong bisa diantisipasi dengan mudah oleh Irak.

Pada 15 menit awal babak kedua, permainan sempat berimbang. Namun, pada menit ke-60, pertahanan Indonesia bisa ditembus oleh pemain-pemain tuan rumah.

Gol ketiga Irak dihasilkan oleh Osama Rashid. Setelah itu, permainan Indonesia menurun dan dibombardir habis-habisan oleh penggawa Irak. Alhasil, sang tuan rumah berhasil menambah pundi-pundi golnya.

Irak menjebol gawang Indonesia lewat aksi Youssef Amyn pada menit ke-81 dan Ali Al Hamadi (88'). Upaya Indonesia untuk memperkecil kedudukan dengan melakukan bebeberapa pergantian pemain tak membuahkan hasil.

Sampai peluit panjang dibunyikan, skor tak berubah. Timnas Irak berhasil menaklukkan Indonesia dengan skor telak 5-1.

Selanjutnya, Indonesia akan melanjutkan perjuangan di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menghadapi Filipina di Manila pada 21 November mendatang. (dkk/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler