Iran Kuasai 3 Nomor Bergengsi

Minggu, 02 Juni 2013 – 23:35 WIB
Tour de Singkarak. FOTO: Ist
BONJOL - Pebalap Hossein Askari dari Tabriz Petrochemical Cycling Team (TPT) Iran keluar sebagai juara pertama etape 1 dari Kota Bukittinggi ke Bonjol di Kabupaten Pasaman untuk klasifikasi individu Tour de Singkarak 2013.

Jarak waktu yang terpakai oleh Askari untuk memenangkan etape 1 yang berjarak tempuh 104 kilometer itu tercatat 2:27:15, bonus 13 dengan 16 point. Atas kemenengan tersebut, Askari berhak menggunakan yellow Jersey.

Selain yellow Jersey, Askari juga meraih polka-dot jersey setelah berhasil menaklukan King of Mountain (tanjakan) dan green jersey di kategori sprint.

Tempat kedua diduduki pebalap Oscar Pujol Munoz dari Polygon Sweet Nice (PSN) dengan jarak waktu yang sama tapi bonus dan point berada di bawah Askari masing-masing 06 dan 14.

Pada TdS 2012 lalu, Oscar keluar sebagai juara pertama dan waktu itu ia bergabung dalam Azad University Team. Posisi ketiga kembali ditempati pebalap TPT lainnya atas nama Alireza Asgharzadeh dengan waktu 2:27:26, dengan bonus 6 dan poin 13.

Etape I Tour de Singkarak (TdS) 2013 dilepas oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu, di kawasan Jam Gadang Bukittinggi, Minggu (2/6).

Etape I (104 kilomter) merupakan terpendek dalam penyelenggaraan TdS 2013 dan sekaligus merupakan rute baru. Dari Bukittinggi, pembalap melintasi jalan berliku menuju Lubuk Sikaping dan kemudian kembali lintas khatulistiwa di Bonjol yang dijadikan sebagai garis finish.

Objek wisata yang “dijual” di Pasaman dalam penyelenggaraan TdS ini adalah monumen Equator atau garis khatulistiwa. Di Indonesia hanya terdapat 2 daerah yang dilintasi khatulistiwa, yaitu Pontianak dan Bonjol. Selain itu, di kawasan Tugu Equator juga terdapat musium Imam Bonjol.

Sedangkan pembalap Indonesia hanya berada pada urutan ke-7, yaitu Bambang Suryadi dari Indonesia National Team yang sekaligus menempatkan diri sebagai juara pertama untuk kategeri pembalap Indonesia. Kemudian disusul Manulang dan Abdullah yang sama-sama berada dalam satu tim. (fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sebut Mourinho Sudah Latih Chelsea, EPL Minta Maaf

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler