IREIS 2023 Bakal Bahas Teknologi Terkini Mobil Listrik

Senin, 25 September 2023 – 11:02 WIB
Ilustrasi mobil listrik. Foto: Ridho/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Mobil listrik kini menjadi kendaraan yang paling banyak diminati. 

Ketua panitia penyelenggara Indonesia Renewable Energy Investment Summit (IREIS) 2023 Lina mengatakan minat terhadap mobil listrik cukup tinggi karena keunggulannya. 

BACA JUGA: Mobil Listrik Nio EC6 Pakai Platform Baru, Harga Jadi Lebih Mahal

"Seperti lebih hemat bahan bakar, tidak menghasilkan emisi gas buang dan lebih ramah lingkungan," kata Lina dalam keterangannya di Jakarta, Sebin (25/9). 

Selain itu, teknologi mobil listrik lanjut Lina juga terus berkembang pesat. Hal ini membuat mobil listrik menjadi makin canggih dan modern. 

BACA JUGA: Hyundai dan Lippo Bangun Puluhan Stasiun Pengecasan Mobil Listrik

Oleh karena itu, PT Shan Hai Map melihat bahwa dengan mendorong energi terbarukan terutama dalam mobil listrik dapat membantu menjaga lingkungan hijau disuatu negara, kestabilan suhu bumi sehingga mencegah terjadinya perubahan iklim. 

PT Shan Hai Map akan menyelenggarakan event yang bertemakan "Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023" yang akan diadakan pada tanggal 13-14 November 2023 di Grand Ballroom Hotel Pullman Jakarta Barat. 

BACA JUGA: KIA Meluncurkan Mobil Listrik Mungil Bernama Ray, Bisa Jadi Teman Air ev

Pada event ini, PT Shan Hai Map akan menjelaskan pentingnya peran “Energi Terbarukan” di kehidupan manusia di kehidupan sekarang. 

"Juga untuk menarik perhatian para investor dari luar negeri agar dapat melakukan investasi di Indonesia dalam bidang energi terbarukan," ucap Lina. 

Diharapkan IREIS 2023 bisa memajukan perekonomian Indonesia juga mendorong energi terbarukan ini dapat lebih ramah lingkungan karena. 

Beberapa hal yang akan di bahas di IREIS 2023

1. Baterai 

Baterai menjadi komponen yang paling penting pada mobil listrik.

Makin efisien baterai, maka semakin jauh jarak tempuh mobil listrik. Saat ini, teknologi baterai mobil listrik terus berkembang pesat. 

"Baterai lithium-ion yang digunakan pada mobil listrik saat ini sudah jauh lebih efisien dibandingkan dengan baterai nikel-cadmium yang digunakan pada mobil listrik generasi pertama," kata Lina. 

2. Motor Listrik 

Kemudian, motor listrik yang lebih bertenaga, cepat, dan lebih responsif. 

"Saat ini, motor listrik yang digunakan pada mobil listrik sudah jauh lebih bertenaga dibandingkan dengan motor listrik yang digunakan pada mobil listrik generasi pertama," beber Lina. 

3. Pengisian Daya

Selain itu, akan dibahas sistem pengisian daya yang lebih cepat. 

Lina menyebut sistem pengisian daya adalah komponen yang penting untuk mobil listrik. 

Sistem pengisian daya yang lebih cepat dapat membuat mobil listrik lebih mudah untuk diisi daya. 

Saat ini, teknologi sistem pengisian daya mobil listrik terus berkembang pesat. 

Sistem pengisian daya cepat yang digunakan pada mobil listrik saat ini sudah jauh lebih cepat dibandingkan dengan sistem pengisian daya yang digunakan pada mobil listrik generasi pertama. 

Menurut Lina, akan dibahas juga sistem kemudi yang lebih otonom. 

4. Sistem Kemudi 

Sistem kemudi yang lebih otonom adalah salah satu teknologi mobil listrik yang paling canggih. 

Sistem kemudi otonom dapat membuat mobil listrik mengemudi sendiri tanpa perlu bantuan pengemudi manusia. 

"Saat ini, teknologi sistem kemudi otonom masih dalam tahap pengembangan. Namun, teknologi ini diharapkan dapat menjadi kenyataan dalam beberapa tahun ke depan," ucap Lina. 

5. Teknologi 

Teknologi mobil listrik yang makin canggih dan modern tambah Lina memang akan menjadi bahasan yang menarik dalam IREIS 2023 mengingat mobil listrik menjadi semakin menarik untuk dimiliki. 

"Mobil listrik menawarkan berbagai manfaat, seperti lebih hemat bahan bakar, tidak menghasilkan emisi gas buang dan lebih ramah lingkungan. Dengan semakin berkembangnya teknologi mobil listrik, maka mobil listrik akan menjadi semakin populer di masa depan," ungkap Lina. 

Lina menegaskan manfaat mobil listrik dapat membantu dalam tahap green environment, dikarenakan mobil listrik merupakan suatu inovasi kendaraan karena adanya energi terbarukan. 

"Jika anda tertarik dan merupakan salah satu pelaku bisnis yang berkaitan dengan bidang energi terbarukan, anda dapat mendaftarkan diri anda dan perusahaan anda melalui link dan email https://forms.gle/CdNueFyrUJ7GrW5S7 event@shmap-tax.com," pungkas Lina.(mcr10/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler