Irjen Hendro Siapkan Skema Antisipasi Kemacetan Arus Balik Lebaran

Rabu, 04 Mei 2022 – 05:49 WIB
Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno saat berada di Pelabuhan Bakauheni, Selasa (3/5). Foto: Dian Hadiyatna/ANTARA

jpnn.com, BANDARLAMPUNG - Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno menyampaikan informasi penting terkait potensi kemacetan pada arus balik Lebaran yang harus diketahui pemudik.

Dia menyampaikan telah menyiapkan sejumlah skema untuk mengantisipasi kemacetan pada arus balik di Pelabuhan Bakauheni.

BACA JUGA: Para Pemudik Ada Imbauan dari Pak Jokowi Terkait Arus Balik, Mohon Disimak, Penting!

Perlu diketahui, terdapat dua jalur yang akan masuk ke pelabuhan tersebut berpotensi menimbulkan kemacetan, yakni jalan tol dan arteri.

"Jadi apabila mudik diketahui padat dan kemacetan mencapai satu sampai empat kilometer maka akan ada buka tutup di jalan tol dan semua kendaraan bakal dimasukkan ke dalam rest area KM 20, KM 33, KM 49 dan seterusnya," beber Irjen Hendro.

BACA JUGA: Ini Jalur Alternatif Urai Kepadatan Arus Balik, Pemudik Harus Tahu

Menurutnya, pemudik ditempatkan di rest area karena di sana terdapat fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku perjalanan, seperti toilet, tempat ibadah dan tempat makan serta lainnya.

Untuk di jalan arteri yang kebanyakan dimanfaatkan sepeda motor, pihaknya telah menyiapkan pintu tersendiri untuk masuk ke pelabuhan.

BACA JUGA: 6-8 Mei Puncak Arus Balik Lebaran, Polri Imbau Pemudik Pulang Lebih Awal

"Setelah jalan tol ada pos pintu tersendiri untuk masuk ke dalam pelabuhan bagi pemotor, nanti di situ ada tol gate-nya. Kalau sepeda motornya cukup banyak maka akan diangkut dengan kapal tersendiri di dermaga lima," bebernya.

Kemudian, untuk kendaraan roda empat atau yang lain tetap memakai pintu biasa untuk masuk ke pelabuhan hanya saja nanti akan disebar pada semua dermaga di Pelabuhan Bakauheni.

"Dermaga di sini ada tujuh, satu eksekutif enam reguler. Apabila kendaraan banyak menumpuk di eksekutif dan di reguler ada yang kosong, maka kami arahkan ke dermaga yang kosong di sana," kata dia.

Irjen Hendro juga menyampaikan pihaknya juga telah berkomunikasi dengan Pelindo menyiapkan kapal untuk mengangkut pemudik guna mengantisipasi kepadatan kendaraan di Bakauheni.

Dia menjelaskan apabila kondisi di Pelabuhan Bakauheni terjadi kemacetan panjang, kendaraan menuju pelabuhan akan diberhentikan di tol dari rest area 87.

"Di sana mereka dikumpulkan, kemudian dikawal hingga keluar Tol Lematang untuk sampai ke Pelabuhan Panjang menaiki kapal yang disiapkan Pelindo," terangnya.

Menurut Irjen Hendro, kemacetan pasti terjadi apabila semua pemudik mengambil hari kembali pada hari terakhir libur karena daya tampung Pelabuhan Bakauheni yang mencapai 3.299 jenis kendaraan tidak seimbang dengan jumlah kendaraan yang akan masuk.

Karena itu, dia meminta pemudik pada H+5 Lebaran sudah melakukan perjalanan kembali agar tidak terkena macet.

"Kami imbau agar mulai H+5 Lebaran pemudik sudah bisa balik, jangan terfokus pada hari terakhir libur karena pasti akan macet," katanya.

Apalagi, lanjut dia, data terakhir hingga hari H, sebanyak 207 ribu kendaraan yang masuk ke Pulau Sumatra dan nanti mereka akan kembali lagi ke Jawa, sehingga jika semua kembali di akhir libur sudah pasti akan terjadi kemacetan.

"Harapan saya besok pemudik sudah bisa kembali," ujarnya. (jpnn/antara)


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler