Irjen Nanang Avianto Tegaskan Ketersediaan Bahan Pokok Aman Jelang Ramadan

Rabu, 30 Maret 2022 – 23:00 WIB
Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto (kedua kanan) bersama porkopimda provinsi setempat melakukan pemantauan harga menjelang Ramadhan di dua pasar di Kota Palangka Raya, Rabu (30/3/2022). ANTARA/Adi Wibowo

jpnn.com, PALANGKA RAYA - Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Nanang Avianto memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat di provinsi itu masih aman menjelang Ramadan hingga Idulfitri mendatang.

“Terkait harga, juga relatif stabil,” kata Irjen Nanang saat inspeksi mendadak bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kalteng ke beberapa pasar tradisional di Palangka Raya, Rabu (30/3). 

BACA JUGA: Bahas Peredaran Senjata Api Ilegal dan Penembakan di Pulau Haruku, Pangdam dan Kapolda Bertemu

Jenderal bintang dua ini menjelaskan memang ada kenaikan harga komoditas di pasar tradisional yang dilakukan pemantauan. Hanya saja, kata dia, kenaikan harga komoditas itu masih dalam batas yang wajar. 

Irjen Nanang Avianto menyebut distribusi bahan kebutuhan pokok di kota setempat yang kebanyakan didatangkan dari Provinsi Kalimantan Selatan tetap berjalan aman.

BACA JUGA: Cek Minyak Goreng di Pasar Muntilan, Kapolri Minta Pedagang Lapor Apabila Distribusi Terganggu

"Kami akan melakukan monitoring' terkait stok pangan di wilayah Kalteng, khususnya di Kota Palangka Raya,untuk menjaga kestabilan harga-harga sejumlah komoditas tersebut," katanya.

Mantan Kakorsabhara Baharkam Polri itu mengatakan terkait dengan persoalan minyak goreng, untuk ketersediaan di distributor masih aman dan tidak akan terjadi kelangkaan.

BACA JUGA: Truk Tangki Minyak Goreng Curah Terguling, Warga Kegirangan, Lihat Tuh

Saat ini, harga minyak goreng memang mengalami kenaikan. 

Namun, harga jual di pasaran masih dalam kategori wajar. 

Kenaikan harga saat ini dinilai tidak masuk dalam kategori di luar kewajaran.

Irjen Nanang memastikan Forkopimda Kalteng terutama Polda Kalteng tidak akan diam dalam pengawasan terkait ketersediaan bahan kebutuhan pokok di provinsi ini. 

“Kalau ada terjadi kenaikan tentunya, Tim Satgas Pangan pangan akan melakukan pengecekan untuk mengetahui pangkal persoalan naiknya harga barang tersebut," kata Nanang.

Dalam pemantauan tersebut, Irjen Nanang didampingi Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalteng Iman Wijaya, beserta sejumlah instansi terkait di daerah itu. Pemantauan dilakukan di Pasar Kahayan dilanjutkan ke Pasar Besar dan terakhir di Gudang Bulog di Jalan Tjilik Riwut Km 8 Kota Palangka Raya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler