Irjen Suharyono: Betapa pun Cepat Larinya Kebohongan, Kejujuran akan Menyalip

Jumat, 21 Oktober 2022 – 22:12 WIB
Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol. Suharyono. ANTARA/HO Polda Sumbar

jpnn.com - PADANG - Kapolda Sumatera Barat Irjen Suharyono menyampaikan pesan dan arahan kepada personel kepolisian di jajaran Polda Sumbar. 

Jenderal bintang dua itu meminta seluruh jajaran personel kepolisian yang ada di daerah tersebut agar jangan berbohong. 

BACA JUGA: Hal Tak Terduga Dilakukan Irjen Suharyono Saat Tiba di Ranah Minang, Semua Langsung Kaget

Peraih Adhi Makayasa Akademi Kepolisian (Akpol) 1992 itu berharap personel polisi di daerah tersebut berupaya membangun kepercayaan masyarakat kepada institusi tersebut. 

"Janganlah kamu berbohong karena betapa pun cepat larinya kebohongan kejujuran akan menyalip," kata Irjen Suharyono saat memberikan commander wish di Mapolda Sumbar di Kota Padang, Jumat (21/10). 

BACA JUGA: Profil Irjen Suharyono: Bukan Perwira Sembarangan, Lama Mengembara di Luar Institusi Polri

Mantan Dirintelkam Polda Kepri itu mengajak agar personel polisi tidak merasa ketakutan. Sebab, lanjut dia, sesungguhnya ketakutan itu akan merampas semua kemampuan yang dimiliki.

"Marilah bersama-sama kita bekerja, bekerja bersama sama dengan ikhlas demi pengabdian kepada masyarakat dan negara," ungkapnya. 

BACA JUGA: Waduh, Mobil Polisi Terperosok ke Jurang, Pak Kapolsek Ada di Dalam

Dia juga berpesan bahwa saat melayani masyarakat, tempatkan diri satu klik di bawah masyarakat atau membangun kepercayaan masyarakat (trust building).

"Di saat kita bermitra, tempatkan diri kita selevel dengan mitra kita atau partnership building. Dan di saat penegakan hukum, tempatkan diri kita satu klik di atas yang kita tegakkan atau penegakan hukum," pesannya kepada personel Polri di jajaran Polda Sumbar.

Dia mengatakan di mana saja berada dan apa pun pangkat dan jabatan, serta fungsi dan seterusnya, selalu ingatlah kepada Yang Mahakuasa, dan mensyukuri nikmat yang ada.

"Jangan sekali kali kamu merasa puas, sesungguhnya kepuasan itu adalah awal dari ketidaktahuan," pesan Irjen Suharyono.

Selain itu dalam menjalankan tugas, personel kepolisian harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu sampai dengan menjalankannya. "Cek, ricek, kroscek, last check, dan final cek," ucap dia

Menurut dia, suksesnya karier tidak terlepas dari keluarga di rumah, serta doa istri dan anak-anak.

"Mari bekerja sepenuh hati dan selalu berdoa agar selalu diberikan kemudahan dan keselamatan," kata Irjen Suharyono.

Sebelumnya, Kapolda Sumbar Irjen Suharyono perdana memasuki Mapolda Sumbar dan disambut Wakapolda Sumbar Brigjen Pol. Edi Mardianto di depan pintu masuk Polda. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler