Irjen Suwondo Sebut Kejahatan di DIY Mengalami Penurunan Selama 2022

Minggu, 01 Januari 2023 – 00:21 WIB
Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan (ANTARA/Luqman Hakim)

jpnn.com, YOGYAKARTA - Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan menyebut angka kejahatan di wilayah hukumnya turun 3,60 persen dari 4.886 kasus pada 2021 menjadi 4.710 pada 2022.

"Kejahatan tahun ini dibanding 2021 mengalami penurunan," ujar dia saat jumpa pers akhir tahun di Yogyakarta, Sabtu (31/12).

BACA JUGA: Irjen Suwondo: Brimob Itu Gagah, Ulet, dan Kuat, Tetapi...

Perwira tinggi Polri itu mengatakan kasus kejahatan yang berhasil diselesaikan selama 2022 mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu yakni dari 2.885 kasus menjadi 3.128 kasus.

"Ada perkara yang dilimpahkan ke kejaksaan, lanjut sidang di pengadilan, maupun perkara yang dihentikan penyidikannya dengan berbagai alasan yang diatur oleh KUHAP," kata Suwondo.

BACA JUGA: DPW PPP Sukses Gelar Latihan Kepemimpinan Kader Dasar di DIY

Menurut dia, penyelesaian kasus tersebut berkat dukungan Pemda DIY beserta seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DIY dan berbagai elemen masyarakat.

"Penyelesaian kasus meningkat 8,42 persen. Saya selaku pimpinan Polda DIY mengucapkan terima kasih kepada Gubernur DIY, jajaran Pemda DIY, beserta jajaran forkopimda," kata dia.

BACA JUGA: Bea Cukai Paparkan Ilmu Kepabeanan dan Cukai pada Mahasiswa di Semarang dan Yogyakarta

Suwondo juga menyampaikan selama 2022, jajaran Polda DIY melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) mampu menyelamatkan keuangan negara mencapai Rp 4.862.590.000.

Lalu Polda DIY juga mengungkap peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang sebanyak 601 kasus sepanjang tahun ini.

Barang bukti yang diamankan mulai dari ganja dengan berat total sembilan ton, tembakau gorila 204 gram, psikotropika golongan 4 mencapai 6.653 butir, dan obat berbahaya sebanyak 268.743 butir.

"Jumlah tahanan periode 2022 sebanyak 1.684 orang," kata dia.

Dalam kesempatan itu, sosiolog yang juga Wakil Rektor UGM Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni, Arie Sujito mengapresiasi capaian Polda DIY yang selama 2022 mampu menekan angka kriminalitas di provinsi ini.

Menurut Arie, untuk menghadapi tantangan yang lebih besar di masa mendatang Polda DIY perlu memperkuat kerja sama dengan elemen masyarakat dalam upaya pencegahan.

"Karena resonansi amplifikasi persoalan yang ada di Yogyakarta ini tentu lebih dahsyat dibandingkan beberapa kota lainnya," ujar Arie. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polda Metro Jaya Jalankan Kegiatan Jumat Curhat 2022 Program Strategis Kapolri


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler