Ironis, Championship Series Bali United Vs Persib Bandung Tertutup

Sabtu, 11 Mei 2024 – 11:12 WIB
Ilustrasi Championship Series Liga 1. Foto: diambil dari ligaindonesiabaru

jpnn.com - GIANYAR - Pertemuan Bali United vs Persib Bandung pada leg pertama semifinal Championship Series Liga 1, Selasa (14/5) tertutup buat penonton ke stadion.

Vice President Operational PT Persib Bandung Bermartabat mengatakan bahwa PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator liga sudah memutuskan bahwa pertandingan leg pertama Bali United vs Persib Bandung dinyatakan tertutup.

BACA JUGA: Championship Series Liga 1 Pakai VAR, Ini Kata Huistra

"Sesuai keputusan dari PT LIB sebagai operator liga, pertandingan tersebut terpaksa dimainkan di training center Bali United, karena Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar masih digunakan untuk venue Piala Asia Wanita U-17. Karena itu, pertandingan PT LIB nyatakan tertutup," kata Andang.

Kelompok suporter Viking Persib Club (VPC) pun telah memohon kepada Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir untuk menangguhkan regulasi larangan suporter untuk away dalam Championship Series Liga 1.

BACA JUGA: Championship Series Liga 1: Madura United Vs Borneo FC, Bali United Vs Persib Bandung, Jadwal Belum Jelas

Bos Persib Umuh Muchtar pun meminta agar PSSI untuk sementara menangguhkan regulasi larangan away untuk suporter itu.

“Ya, dahulu kan alasannya karena ada pemilu, tetapi sekarang pemilu sudah beres dan ini tinggal 4 Besar dan empat tim yang berada di Championship Series tidak bermasalah,” kata Umuh di Bandung, Jumat (10/5).

BACA JUGA: Klasemen Liga 1 Pekan Terakhir: Madura United Championship Series, RANS Degradasi

Menurut Umuh, selama ini tidak ada sejarah buruk di antara empat klub Championship Series.

Kehadiran suporter saat tim bertandang justru mempererat hubungan antarsuporter tim.

“Empat tim yang berada di Championship Series tidak bermusuhan dan tidak pernah ada gesekan. Kalau menurut saya, permintaan kepada PSSI, coba ah di sana (Bali) Bobotoh masuk, di sini pun boleh suporter Bali masuk untuk mempererat persaudaraan bahwa kami kondusif,” tuturnya.

Haji Umuh menilai, melarang suporter untuk ikut away dalam gelaran Championship Series justru memberikan preseden buruk kepada masyarakat; apakah situasi sedang tidak kondusif?

"Kalau seperti ini kesannya kami bermusuhan. Kami, serta Madura United, Bali United, dan Borneo FC ini kan bersahabat semuanya. Jangan apa-apa sudah ditakuti,” tuturnya.

Terpisah, Pelatih Stefano ‘Teco’ Cugurra juga mengaku kecewa Bali United gagal menjamu Persib pada leg pertama semifinal Championship Series di Stadion Kapten Dipta, Gianyar, Selasa (14/5) malam.

Hal yang paling disorot adalah antusiasme suporter yang ingin mendukung langsung perjuangan Bali United di lapangan hijau.

"Yang kasihan adalah suporter Bali United yang mau menonton langsung di stadion, tetapi tidak bisa hadir,” ujar Coach Teco dilansir dari laman Bali United. (mcr27/lia/jpnn)

Jadwal Championship Series BRI Liga 1 2023/24:
Semifinal
Leg 1:
14 Mei 2024: Bali United FC vs Persib Bandung
15 Mei 2024: Madura United FC vs Borneo FC Samarinda
Leg 2:
18 Mei 2024: Persib Bandung vs Bali United FC
19 Mei 2024: Borneo FC Samarinda vs Madura United FC
Perebutan tempat ke-3
Leg 1: 25 Mei 2024
Leg 2: 30 Mei 2024
Final
Leg 1: 26 Mei 2024
Leg 2: 31 Mei 2024


Redaktur : Mufthia Ridwan
Reporter : Ali Mustofa, Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler