Irwan Demokrat Optimistis AHY Bakal Sukses Pimpin Kemenko Baru di Pemerintahan Prabowo

Senin, 21 Oktober 2024 – 08:04 WIB
Ilustrasi - Agus Harimurti Yudhoyono ditunjuk Presiden Prabowo Subianto jadi Menteri Koordinator bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan pada Kabinet Merah Putih. Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com - Presiden Prabowo Subianto menugasi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Menteri Koordinator bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan pada Kabinet Merah Putih.

Penunjukan AHY dan puluhan menteri/wakil menteri dan pimpinan lembaga, diumumkan oleh Presiden Prabowo di Istana Merdeka pada Minggu malam (20/10/2024).

BACA JUGA: Irwan Demokrat Sebut Pidato Presiden Prabowo Mengharukan

"Selamat dan sukses untuk Ketum Partai Demokrat Dr. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) atas amanah strategis dari Presiden Prabowo Subianto, sebagai menteri Koordinator Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan pada Kabinet Merah Putih," Jubir Partai Demokrat Irwan Fecho, Senin (21/10/2024).

Irwan menilai dengan dibentuknya Kementerian Koordinator Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan pada kabinet Merah Putih, Presiden Prabowo ingin fokus untuk melanjutkan pengembangan infrastruktur.

BACA JUGA: Perhatikan! Cara Pasang dan Unduh Foto Resmi Presiden Prabowo - Wapres Gibran

"Bukan hanya di kota-kota tetapi juga sampai desa-desa di seluruh wilayah tanah air," ucap anggota Komisi V DPR RI periode 2019-2024 itu.

Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (IKA SKMA) itu meyakini akan sukses menjalankan amanah yang diberikan Presiden Prabowo.

BACA JUGA: Tak Disangka-Sangka, Prabowo Tunjuk Mayor Teddy Jadi Sekretaris Kabinet

"Dengan rekam jejak keberhasilan di Kementerian ATR/BPN sebelumnya, saya sangat optimis Mas AHY mampu dan akan sukses mengkoordinasi bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan yang terdiri dari beberapa kementerian teknis," tuturnya.

Menurut Irwan, Kementerian Pekerjaan Umum sebagai salah satu backbone infrastruktur tanah air harus didorong untuk mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur dasar dan ekonomi sampai desa, termasuk mendukung pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Harus ada juga optimalisasi skema pembiayaan kreatif dan Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) untuk meningkatkan peran badan usaha dan mengurangi beban penggunaan anggaran negara dalam pembangunan infrastruktur tanah air," kata putra Kalimantan Timur itu.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto akan melantik menteri Kabinet Merah Putih hari ini, Senin (21/10), pukul 10.00. Selang beberapa jam kemudian, Prabowo akan melantik para wakil menteri.

"Ya, rencana besok (hari ini, red) adalah pelantikan menteri dan wakil menteri," kata Prasetyo Hadi, selaku Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), di sela agenda pengumuman Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta, Minggu malam.

Prasetyo selaku Mensesneg yang ditunjuk Presiden Prabowo menyusun agenda kegiatan anggota Kabinet Merah Putih periode 2024-2029 dalam sepekan ke depan.

Prasetyo mengatakan kegiatan tersebut mulai dari pelantikan anggota kabinet hingga kegiatan bimbingan dan pelatihan di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah.

Agenda pelantikan menteri di Istana Kepresidenan Jakarta akan dimulai pukul 10.00 WIB, disusul agenda pelantikan wakil menteri pada pukul 14.00 WIB.

Selanjutnya, pada Selasa (22/10) akan dilaksanakan agenda pelantikan para kepala badan/lembaga, serta Rabu (23/10) dilanjutkan dengan agenda Sidang Paripurna Kabinet perdana.(fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler