Israel Serang Pasukan Perdamaian di Lebanon, Sukamta DPR: DK PBB Harus Beri Sanksi Keras

Sabtu, 12 Oktober 2024 – 09:55 WIB
Wakil Ketua Fraksi PKS di DPR Sukamta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Sukamta bersuara keras menyikapi serangan Israel terhadap pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau UNIFIL di Lebanon pada Kamis (10/10).

Legislator Fraksi PKS itu menganggap serangan yang mencederai dua anggota TNI itu melanggar hukum internasional.

BACA JUGA: Wapres Maruf Minta DK PBB Sikapi Serangan Israel ke UNIFIL

"Tindakan Israel yang terang-terangan menyerang pasukan PBB, jelas telah melecehkan kehormatan lembaga PBB," kata Sukamta melalui layanan pesan, Sabtu (12/10).

Alumnus Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) itu menyebut Dewan Keamanan (DK) PBB seharusnya bisa menjatuhkan sanksi Israel menyusul serangan Tel Aviv di Lebanon.

"Semestinya DK PBB tidak perlu ragu untuk menjatuhkan sanksi yang kuat kepada Israel dengan melarang semua negara untuk melakukan embargo senjata dan ekonomi kepada Israel," ujar Sukamta.

Namun, dia merasa heran DK PBB sampai saat ini belum juga menjatuhkan sanksi ke Israel meskipun serangan sudah mengakibatkan luka-luka pasukan perdamaian.

"Apa yang ditunggu DK PBB untuk menghukum Israel? Apakah menunggu seluruh timur tengah terjadi kiamat kemanusiaan," ujar Sukamta bertanya-tanya.

Menurut Sukamta, pembiaran terhadap kebrutalan Israel yang saat ini meluas ke wilayah Lebanon, bakal menyebabkan jatuhnya tingkat kepercayaan masyarakat dunia kepada PBB.

"Ini kondisi yang sangat berbahaya. Konflik bisa semakin tidak terkendali, karena tak ada lagi kepercayaan terhadap lembaga internasional," kata legislator Daerah Pemilihan Yogyakarta itu.

Sukamta di sisi lain berharap pemerintahan Indonesia era Prabowo Subianto ke depan bisa mengambil peran krusial untuk menghentikan kekerasan Israel dan memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

"Pemerintahan baru Pak Prabowo tentu kami harapkan bisa berperan lebih kuat dengan menjadi inisator menggalang dukungan untuk kemerdekaan Palestina dan di sisi lain juga menggalang pengucilan terhadap Israel," ungkap dia. (ast/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler