Isu Kemunduran KPK Bakal Ditanyakan saat Wawancara ke 20 Capim

Selasa, 17 September 2024 – 10:44 WIB
Arsip foto - Ketua Pansel Capim KPK Muhammad Yusuf Ateh (kanan) bersama anggota Pansel Capim KPK Ahmad Erani Yustika (kiri) dan Nawal Nely (tengah) menjawab pertanyaan wartawan usai pertemuan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (12/6/2024). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.

jpnn.com, JAKARTA - Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) bakal menanyakan isu kemunduran lembaga antirasuah ke kandidat Capim.

Patut diketahui, 20 capim KPK akan menjalani tes wawancara di Gedung Sekretariat Negara (Setneg), Jakarta, pada 17-18 September 2024. Sementara, 20 calon dewan pengawas (Dewas) KPK akan menjalani tes kesehatan.

BACA JUGA: Pimpinan KPK Sulit Temui Presiden Jokowi, Istana Bilang Begini

Ketua Pansel Capim dan Calon Dewas KPK Muhammad Yusuf Ateh menyampaikan berbagai persoalan akan didalami oleh pansel. Salah satunya termasuk kemunduran kinerja KPK, yang belakangan disuarakan berbagai elemen masyarakat.

"Semuanya termasuk hal itu (isu kemunduran KPK)," kata Yusuf Ateh dikonfirmasi, Selasa (17/9).

BACA JUGA: Istana: Jokowi Ingin Menghormati & Menjaga Muruah KPK sebagai Institusi yang Independen

Yusuf Ateh memastikan proses seleksi tes wawancara berlangsung secara terbuka. Dia mengaku telah mengundang 40 orang masyarakat sipil untuk memantau langsung jalannya tes wawancara.

"Semiterbuka. Ada undangan dari masyarakat sipil 40 orang," ucap Yusuf Ateh.

BACA JUGA: Akademisi: KPK Bisa Jemput Paksa Bos Mineral Trobos di Kasus Abdul Gani Kasuba

Meski demikian, Pansel KPK tidak menyediakan live streaming dalam proses tes wawancara ini. Sebab, khawatir peserta yang belum menjalani tes wawancara akan mengetahui persoalan yang ditanyakan pansel.

"Jangan sampai capim yang diwawancarai belakangan bisa intip-intip pertanyaan," ujar Yusuf Ateh.

Adapun, 20 capim KPK akan diuji oleh mantan Ketua KPK 2003-2007 Taufiequrahman Ruki dan juga dari unsur masyarakat sipil yakni Dadang Trisasongko dari Indonesia Corruption Watch (ICW). Tes wawancara bagi capim KPK terbagi menjadi dua hari, pada 17-18 September 2024.

Pada tes hari ini akan diikuti oleh Agus Joko Pramono, Ahmad Alamsyah Saragih, Didik Agung Widjanarko, Djoko Poerwanto, Fitroh Rohcahyanto, Harli Siregar, I Nyoman Wara, Ibnu Basuki Widodo, Ida Budhiati, dan Johan Budi Sapto Pribowo.

Sementara, pada Rabu (18/9) besok akan diikuti oleh Johanis Tanak, Michael Rolandi Cesnanta Brata, Muhammad Yusuf, Pahala Nainggolan, Poengky Indarti, Sang Made Mahendra Jaya, Setyo Budiyanto, Sugeng Purnomo, Wawan Wardiana, dan Yanuar Nugroho. (tan/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... 2 Orang Ini Didalami KPK soal Dugaan Korupsi PT Taspen


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Pansel KPK   Capim KPK   KPK   Pansel  

Terpopuler