Isu Lingkungan Hidup Harus Dibahas di Ranah Politik

Rabu, 12 September 2012 – 16:41 WIB
JAKARTA - Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah (Sekjen DPD) Siti Nurbaya mengatakan berbagai masalah lingkungan hidup tidak akan menjadi perhatian publik kalau hanya dikaji dari sisi disiplin ilmu lingkungan hidup. Menurutnya, perlu sentuhan politik untuk merumuskan berbagai kebijakan penanganan lingkungan hidup saat ini.

Hal tersebut dikatakan Siti Nurbaya saat menerima Panitia Seminar Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB), di gedung DPD, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (12/9). Seminar mengambil tema "Sumber Daya Alam untuk Masyarakat Secara Adil dan Berkemakmuran", akan berlangsung di Kota Bogor, Sabtu 15 September mendatang. "Isu lingkungan ini tidak bisa dilepaskan lagi dari tranah politik," kata Nurbaya.

Untuk mengantarkan berbagai isu yang terkait dengan lingkungan hidup ke ranah politik, IPB bekerjasama dengan Dewan Perwakilan Daerah menggelar seminar sehari di Kota Bogor pada 15 September 2012.Selain seminar yang akan diikuti sekitar 300 peserta lanjut, dalam forum tersebut juga akan digelar Kongres I Alumni Pascasarjana Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan IPB.

Sementara Sekretaris Program Studi Lingkungan IPB, Widiatmaka, mengatakan, seminar akan mengambil tiga subtema penting. Subtema pertama adalah "Krisis Konflik Tenurial Sumberdaya Alam Indonesia" dengan tiga pembicara antara lain Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Kepala BPN Hendarman Supandji dan Ketua Dewan Kehutanan Nasional Hariadi K.

Subtema kedua adalah "Environmental Governance, Perspektif dalam Pengendalian Lingkungan secara Sitematis" dengan pembicara Gubernur Kalimantan Tengah Teras Narang, Bupati Kuningan Aang Hamid Suganda dan Abdon Nababan dari Aliansi Masysrakat Adat Nasional.

Sedangkan sesi ketiga akan mengangkat subtema "Go-Green, Langlah-langkah Kelompok Bisnis dan Masyarakat Luas". Bertindak sebagai pembicara Deputi III Kementerian Lingkungan Hidup Arief Yuwono, CEO General Electric Indonesia Handry Satriago dan Dirut Pertamina Karen Agustiawan dengan pembahas Achmad Fauzi. (fas/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Anggaran Mensos Naik, Anak Jalanan Bertambah

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler