Italia Dampingi Spanyol ke Perempat Final

Selasa, 19 Juni 2012 – 04:37 WIB
Gol salto Mario Balotelli pada menit ke 90. Foto: Getty Images

POZNAN - satu tiket perempat final akhirnya menjadi milik Italia. Gianluigi Buffon menjadi runner up Grup C setelah mengalahkan Irlandia 2-0 pada laga yang digelar di di Stadion Miejski, Poznan, Selasa (19/6).

Gol pembuka dicetak oleh Antonio Cassano pada menit 35. Sedangkan gol kedua diciptkan Mario Balotelli melalui tendangan salto di injury time menit 90. 

Posisi Italia yang sempat berada di ujung tanduk akhirnya dipastikan melaju ke babak delapan besar karena di pertandingan lain, Spanyol menang atas Kroasia 1-0. Italia mengantongi 5 poin sementara Spanyol di puncak klasemen Grup C membukukan 7 poin dari dua kali menang satu kali seri. Irlandia dan Kroasia harus tersisih.

Sejak kick off, Italia yang membutuhkan kemenangan untuk bisa melaju ke babak delapan besar langsung menggempur jantung pertahanan Irlandia. Melalui jenderal lapangan, Andrea Pirlo mengatur strategi penyerangan dengan umpan-umpan matang ke depan. Sayang, strategi ini belum efektif. Hingga 30 menit awal, kedudukan imbang masih 0-0.

Sementara Irlandia yang sudah dipastikan tersingkir dari babak penyisihan lebih banyak bertahan. Ketatnya tembok pertahanan yang dikawal O'Shea dan Dunne membuat Given lebih aman dari serangan.

Menit 35, Cassano akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan. Tandukannya mampu mengoyak gawang Given. Sundulan Cassano memanfaatkan tendangan penjuru yang dilakukan oleh jenderal lapangan Azzuri, Andrea Pirlo.

Laju bola sebetulnya sempat mengenai tangan Given. Namun karena ketidaksiapan penjaga gawang yang bakal mengakhiri karinya di Euro 2012 ini membuat arah bola tetap bersarang ke jalang gawang.

Jelang laga babak pertama berakhir, Italia kembali mendapatkan peluang memperbesar keunggulan. Sayang. tendangan De Rossi yang mendapatkan umpan dari Cassano masih bisa diblok O'Shea. Hingga wasit asal Turki, C Cakir meniup peluit tanda turun minum kedudukan tetap bertahan 1-0 bagi keunggulan Italia.

Mengawali babak kedua, Azzuri tetap menampilkan aksi menyerang meskipun sudah unggul 1-0. Namun justru Irlandia mendapatkan peluang lewat serangan balik. Doyle mengirimkan umpan kepada Andrews yang langsung melepaskan tendangan. Namun sepakannya masih mengarah kepada penjaga gawang Italia, Buffon.

Jelang akhir laga, kedua tim mempertontonkan permainan dengan tensi tinggi. Wasit dari Turki‬ C Cakir langsung mengeluarkan tiga kartu kuning di waktu yang hampir bersamaan. Daniele De Rossi, Gianluigi Buffon, Sean St Ledger diganjar kartu kuning. Bahkan pemain Irlandia, Keith Andrews diusir dari lapangan hijau setelah mendapat kartu kuning kedua karena menghentikan bola dengan tangannya.

Azzuri akhirnya menambah keunggulan 2-0 lewat Balotelli yang masuk menggantikan Antonio Di Natale. Striker Manchester City itu memaksa Given memungut bola dari jalanya melalui aksi saltonya. Skor ini bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. (awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Babak I, Spanyol dan Kroasia Bermain Tanpa Gol


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler