Ivan Gunawan Habiskan Weekend tanpa Pekerjaan

Minggu, 08 April 2018 – 08:08 WIB
Ivan Gunawan memegang buku yang dia terima dari seorang anak pada sebuah sesi Brownis. Ilustrasi di dalamnya akan dia aplikasikan pada koleksi baju anak. Foto: DERY RIDWANSAH/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Ivan Gunawan, 36, selain dikenal sebagai presenter kocak, juga seorang desainer dan pebisnis. Jika sedang tidak ada syuting acara, Igun –sapaan akrabnya– turun tangan mengurus bisnis.
----
PENAMPILAN Igun Jumat siang (6/4) itu hanya berkaus, jaket bomber, dan celana training. Bukannya mengenakan sepatu nan mengilap atau sneakers, dia malah pakai sandal jepit.

”Ini bakal seharian di sini soalnya mau ngarahin iklan kosmetik aku,” kata Igun ramah saat menemui Jawa Pos. Syuting dilakukan di Studio Gedung Putih, Bintaro, Tangerang Selatan.

BACA JUGA: Dituding Memihak, Ivan Gunawan: Atur deh Hidup Kalian

Biasanya, menjelang pukul 12.00, Igun sudah harus berada di Studio TransTV untuk syuting program talk show Brownis. Namun, hari itu khusus digunakan untuk fokus syuting iklan.

”Aku udah merencanakan dari jauh-jauh hari kok. Jadi, udah nggak ada masalah lagi soal absen syuting...hehe,” ujarnya santai.

BACA JUGA: Bergaya dengan Kacamata, Ada Harga Grosiran di Winsee

Ivan Gunawan memang akan meluncurkan koleksi terbaru dari lini kosmetiknya. Sebuah iklan video pertama dibuat untuk mempromosikan produk. Sebagai model, dia menggandeng Miss Grand Thailand 2016 Supaporn Malisorn alias Mali.

Igun dan Mali akrab sejak tahun lalu saat bertemu di Thailand. Dengan menggandeng Mali sebagai muse, dia berharap brand kosmetiknya bisa diterima pasar luar negeri.

BACA JUGA: Rossa Unggah Foto Gandengan Tangan sama Afgan

Igun datang pukul 08.00. Saat dia sampai di lokasi, proses dan persiapan syuting sudah berlangsung sejak pukul 07.00. Dia sesekali ikut membenahi tata rambut dan make-up Mali.

Igun mengarahkan pose sang model agar sesuai dengan image kosmetiknya. Lagu yang mengiringi kerja hari itu, Igun pula yang menentukan.

Berbeda dengan keseharian, Igun sangat tegas. ”Lighting tolong diturunin supaya nggak kelihatan pucat,” serunya. Dia pun sempat menegur beberapa kru yang menggunakan handphone saat syuting berlangsung.

Pengalaman Ivan Gunawan di dunia fashion berguna ketika mengarahkan Mali bergaya. ”Mali, try to pose like this,” ungkapnya sambil memberikan referensi gaya.

Tangan di pinggang, pinggul dimiringkan, rambut dimainkan. Mali dengan cepat memahami dan mempraktikkannya. ”Pinter, cantik,” kata Igun puas.

Mali mengaku senang bekerja dengan Igun. Perempuan 24 tahun itu menilai Igun kreatif dan membuat siapa pun nyaman bekerja dengannya. ”Dia baik hati dan kalem banget lho,” tutur Mali di sela-sela syuting.

Saat satu sesi syuting selesai, Igun duduk bersama kru di depan layar monitor untuk melihat hasil syuting. ”Oke, ini udah bagus. Coba sekali lagi, ya,” ungkapnya.

Proses syuting sempat break beberapa kali. Maklum, syuting iklan dilakukan hingga pukul 20.00. Di saat break, Igun bercerita tentang kesibukannya sehari-hari. Menjadi presenter, merancang busana, hingga berbisnis kosmetik. Umumnya, Igun memulai hari pukul 08.00.

”Pokoknya, jam 9 sampai jam 12 aku ngurusin apa aja terkait label fashion atau kosmetik,” kata Igun sambil menyendok nasi dan sayur lodeh yang jadi makan siangnya.

Kegiatan selama tiga jam itu, antara lain, mengontrol produksi busana di Tebet atau meeting via video call maupun bertemu langsung dengan para staf. Pukul 12.00 Igun sudah harus berada di Studio TransTV untuk persiapan syuting Brownis. Syuting berlangsung hingga pukul 14.30.

Kemudian, dia punya waktu luang hingga pukul 17.00 untuk Brownis Tonight. Jeda waktu itu, di tangan Igun, harus efisien dan efektif. Dia sering memanfaatkannya untuk bertemu atau berkoordinasi dengan stafnya.

”Kadang-kadang kalau saya lagi syuting terus ada ide, langsung saya kirimkan via WhatsApp ke staf,” ceritanya. Begitu syuting Brownis Tonight tuntas pada pukul 19.00, dia punya waktu sekitar 90 menit untuk kemudian syuting acara Kilau DMD di MNC TV.

Supaya hidup tetap seimbang, weekend dihabiskan Ivan Gunawan tanpa pekerjaan. ”Kalau weekend ya sama mama atau teman-teman. Capek lah kalau tiap hari kerja terus,” ungkapnya.

Selepas jeda istirahat, Igun menjadi model iklan bersama Mali. Kali ini dia tampil resmi. Rambutnya ditata klimis agar serasi dengan gaya rambut sleek ponytail Mali. ”Aku kasih dia nama panggilan Melati Gunawan,” ucap Igun, lantas tertawa. (Glandy Burnama/c10/nda)


Aktivitas Iva Gunawan ketika Break

1. Cek handphone untuk koordinasi tentang bisnis atau pekerjaan sebagai presenter.

2. Ngobrol dengan teman-teman di lokasi syuting.

3. Makan. Kalau sedang syuting, kata Igun, makanannya harus endol-endol (enak-enak, Red).

4. Pijat refleksi supaya tetap segar dan rileks.

Moto Kerja

1. Cari pekerjaan yang disukai. Kalau aku, ini namanya hobi yang jadi profesi.

2. Jangan pernah buang waktu untuk melakukan yang kita senangi.

3. Tetap ingat keluarga kalau sudah bekerja. Misalnya, sediakan waktu untuk mereka saat weekend.

4. Tetap jadi diri sendiri dan jangan gampang peduli dengan komentar-komentar jelek.

Isi Tas

1. Dompet

Isinya, uang secukupnya dan kartu-kartu pembayaran. Kalau beli dompet, Igun bakal mikir, ”Ini bawa hoki nggak ya?”.

2. Buku tabungan

Buku dan surat-surat dimasukkan satu pouch khusus.

3. Power bank

Ini nggak boleh ketinggalan supaya pas HP mati, ada pertolongan pertama.

4. Vitamin

Ada dua, vitamin kulit dan vitamin tubuh. Ini rahasia Igun supaya tetap sehat dan glowing walau aktivitasnya padat.

5. Headphone

Untuk mendengarkan lagu saat sedang santai atau tidak ingin ngobrol. Igun sangat menyukai lagu melankolis.

6. Parfum

Supaya tetap wangi, Igun menyukai aroma rempah-rempah.

7. Buku gambar spesial

Igun menerimanya dari salah seorang penonton Brownis. Rencananya, gambar dari buku itu akan digunakan untuk koleksi busana anak yang dirilis Igun bersama Rossa.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tiga Cara Ivan Gunawan Hadapi Haters


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Ivan Gunawan   Igun   fashion   Rossa  

Terpopuler