Iwan Fals Titip Pesan ke SBY Lewat Lagu

Senin, 28 November 2011 – 17:41 WIB
Musisi Iwan Fals saat mengisi acara dalam Perayaan Hari Menanam Pohon Indonesia di Bukit Merah Putih, Sentul, Jawa Barat. (Zulhakim/jpnn)

JAKARTA—Perayaan Hari Menanam Pohon Indonesia yang dilaksanakan serentak Senin (28/11) dipusatkan di Bukit Merah Putih, Sentul, Jawa BaratDi lokasi ini perayaan yang dirangkai dengan peringatan Bulan Menanam Pohon ini dihadiri oleh Presiden SBY, Wapres Boediono beserta para menteri di jajaran Kabinet Indonesia bersatu.

Di lokasi ini acara dimulai sekitar pukul 09.00 Wib dengan penganugerahan bidang pelestarian lingkungan serta penanaman pohon secara simbolis oleh Presiden dan para menteri di kawasan Indonesia Peace Security Centre yang dijadikan lokasi acara.

Presiden menanam pohon Manglid (Manglieta Glauca) dan Ibu Any Yudhoyono menanam Melinjo (Gnetum Gemon)

BACA JUGA: Woow, Syahrini Langsung Cium Beckham

Sementara Wapres dan istri masing masing menanam Suren (Toona Sureni) dan Salam (Sysgium polyanthum)


Penanaman ini juga diikuti para menteri, perwakilan negara sahabat, Gubernur dan Bupati yang hadir

BACA JUGA: Bangkrut, Luna Tinggalkan Ariel

Ribuan siswa dan warga yang memadati kawasan tersebut juga turut menanam guna mengawali program penanaman Satu Miliar Pohon.

Namun demikian, dari serangkaian acara serimonial simbolis ini ada acara yang sangat menarik animo pengunjung
Yakni tampilnya musisi kawakan Iwan Fals sebagai pengisi acara kenegaraan itu

BACA JUGA: Iwan Fals Guncang Mentawai

‘’Selamat pagi pak presiden’’ ujar Iwan kepada Presiden dari atas panggung.

Dengan gesekan guitar akustiknya yang enerjik Iwan membawakan dua lagu bertemakan lingkungan bertajuk Hutan Untuk Kehidupan dan Tanam-tanam dan siramDua lagu ini sarat dengan pesan moral mengenai keprihatinan terhadap rusaknya hutanSelain itu melalui lirik lagu yang sama Iwan mengajak kita untu menama pohon dan melestarikan alam.

‘’Jika esok kiamat tiba tanam pohon jangan ditunda,’’ ujar Iwan dalam lagunya.

Disela-sela pertunjukannya itu, Iwan sempat menitipkan salam warga Mentawai kepada presidenIwan yang baru saja berkunjung dari daerah rawan gempa itu menuturkan mengenai filosofi penting keberadaan hutan bagi masyarakat mentawaiDimana daun-daun disebut sebagai rumah tuhanHilangnya tumbuhan menghilangkan rumah tuhan dan sumber kehidupan.

‘’Jangan biarkan mereka mati dimakan hama kehidupan,’’ tambah Iwan.

Sementara itu selain di Sentul kegiatan penanaman pohon ini dilakukan serentak di seluruh daerah di IndonesiaBahkan presiden sempat melakukan video conference dengan sejumlah pihak yang melakukan penanaman

Presiden menyebut acara ini sangat penting mengingat pentingnya menjaga hutanIni dibuktikan dengan hadirnya presiden, wapres dan para menteri seperti halnya acara-acara kenegaraan resmi lainnya dalam kegiatan ini.

‘’Berarti gerakan penanaman satu milyar pohon ini merupakan gerakan yang sangat pentingSeperti yang disampaikan Iwan Fals tadi,’’ ujar SBY dalam sambutannya, menguraikan betapa pentingnya kegiatan tersebut.(zul/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rachel Maryam Gandeng Lelaki Baru


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler