Jabulani jadi Sasaran Kritik

Seperti Bola di Supermarket, Bukan Hanya Persulit Kiper

Selasa, 01 Juni 2010 – 07:53 WIB
BOLA - Kiper Rep Ceko, Petr Cech, saat melakukan ujicoba untuk bola Adidas Jabulani, ketika baru saja dirilis. Foto: Adidas-group.com.

JOHANNESBURG - Sejak Piala Dunia (PD) 1966, FIFA selalu menuncurkan bola resmi untuk Piala DuniaKali ini, bola resminya bernama Adidas 'Jabulani'

BACA JUGA: The Blues Langsung Pagari Lampard

Hanya saja, bola bercorak sebelas warna itu masih mendapat reaksi negatif dari pemain
Mengapa?

Dalam beberapa PD terakhir, perbincangan soal bola resmi PD memang selalu mengemuka jelang penghelatan even sepakbola paling akbar sejagat itu

BACA JUGA: Berharap SBY Serahkan Trofi Presiden

Bola resmi PD sebelumnya (2006), Teamgeist, dikritik terlalu ringan
Ketika itu, bek kiri timnas Brazil Roberto Carlos dan kiper timnas Inggris Paul Robinson, menyebut Teamgeist sebagai bola yang aneh serta sulit ditebak bila dalam kondisi basah

BACA JUGA: Dekati Penggemar, Tunda Home-Away

Bola Euro 2008, Europast, juga tak lepas dari kritik.

Nah, jelang PD 2010 Afrika Selatan, Adidas lantas meluncurkan JabulaniBola ini diklaim paling bundarNama Jabulani sendiri diambil dari bahasa Zulu, salah satu suku di Afsel, yang artinya perayaanProdusen bola ini pun berharap Jabulani dapat menggambarkan citra Afsel.

Berdasarkan klaim Adidas, Jabulani dibuat dengan teknologi grip n grooveDengan teknologi tersebut, bola diklaim menjadi lebih stabil, akurat, serta mudah dikontrol dalam kondisi apapunBaik itu dalam keadaan kering, basah, atau bersalju sekalipun.

Saat di-launching, Jabulani langsung mendapat pujian dari dua bintang sepakbola dunia, yaitu kapten timnas Jerman Michael Ballack, serta gelandang sekaligus mantan kapten timnas Inggris, David BeckhamMereka bilang Jabulani adalah bola yang ideal.

Kebetulan, mereka berdua lantas tidak jadi berangkat ke PD kali ini, lantaran mengalami cederaSementara di saat yang sama, jelang PD 2010 ini, Jabulani ternyata kemudian mengundang lontaran kritik dari banyak pemain kelas dunia lainnya.

Lihat saja daftar bintang lapangan yang melontarkan kritik kepada JabulaniMereka rata-rata adalah kiper ternama, seperti kiper timnas Spanyol Iker Casillas, Gianluigi Buffon (Italia), Julio Cesar (Brazil), serta Claudio Bravo (Cile).

Namun bukan hanya kiper yang mengeluhStriker Italia Giampaolo Pazzini juga mengeluhkan JabulaniTanpa tedeng aling-aling, Pazzo - sapaan Pazzini - menyebut bahwa Jabulani layaknya bola yang dijual murah di supermarketBola itu menurutnya terlalu sulit ditebak.

Sementara Claudio Bravo, punya ungkapan lain untuk JabulaniDia menyebut Jabulani sebagai beach ballBila Europass, bola resmi Euro 2008, dikritik karena menyulitkan bagi kiper, Jabulani dianggap menyulitkan bagi semua pemain.

Para pemain itu menyebutkannya sebagai bencanaPenyebabnya, saat sedang melayang di udara, pergerakan Jabulani dikatakan sulit diprediksiDampaknya, bola itu jadi sulit diantisipasiKesulitan terbesar tentu ada pada kiper, serta berikutnya adalah striker yang mengandalkan bola atasDengan begitu, butuh adaptasi lebih banyak bagi tim yang bermain dengan mengandalkan bola-bola atas.

Hanya saja, berdasarkan hasil ujicoba lainnya, Jabulani justru disebut sebagai bola yang memiliki akurasi yang bagusHal itu sudah dijajal di beberapa evenYa, PD 2010 bukan jadi ajang pertama bagi JabulaniPada PD Antarklub 2009 di Uni Emirat Arab, Jabulani juga sudah digunakanDan kenyataannya, tidak ada komplain dari sejumlah klub yang tampil di even yang dijuarai Barcelona itu.

Tidak juga terdengar kritik keras dari para pemain di Liga Clausura Argentina pada 2010, serta Major League Soccer AS 2010, terhadap bola resmi PD 2010 ituPadahal, dua even tersebut sudah menggunakan Jabulani sebagai bola resmi.

Bisa jadi ini karena para pemain belum terbiasa sajaBuktinya, Petr Cech, kiper Republik Ceko malah menyatakan tidak ada masalah dengan JabulaniTapi, sama dengan Ballack dan Beckham, Cech justru tidak berangkat ke PD 2010, karena Republik Ceko tidak lolos(ham)

Bola Resmi Piala Dunia
PD        Nama Bola            Apparel
1966    Special Edition     Slazenger    
1970    Telstar                    Adidas    
1974    Telstar Durlast     Adidas    
1978    Tango                     Adidas    
1982    Tango Espana     Adidas    
1986    Azteca Mexico       Adidas    
1990    Etrusco Unico      Adidas    
1994    Questra                 Adidas    
1998    Tricolore                Adidas
2002    Fevernova             Adidas    
2006    Teamgeist            Adidas    
2010    Jabulani                Adidas    
2014    Samba                  Adidas

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tanding Ulang, Persik Pasrah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler