Jadi Juara Piala Dunia Antarklub 2019, Liverpool Ikuti Jejak MU

Minggu, 22 Desember 2019 – 07:13 WIB
Kapten Liverpool Jordan Henderson mengangkat trofi Piala Dunia Antarklubdi di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar. Foto: ANTARA/REUTERS/Kai Pfaffenbach

jpnn.com, DOHA - Liverpool akhirnya merasakan menyandang titel juara Piala Dunia Antarklub, setelah mengalahkan Flamengo 1-0 lewat babak tambahan waktu dalam laga final di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (22/12) dini hari WIB.

Roberto Firmino menjadi penentu kemenangan, lewat golnya pada babak tambahan, menit ke-99. Berawal dari umpan terobosan terukur kiriman Jordan Henderson, Sadio Mane mengecoh Rodrigo Caio untuk mengirimkan umpan tarik kepada Firmino.

BACA JUGA: Firmino Pastikan Langkah Liverpool ke Final Piala Dunia Antarklub 2019

Pemain Brasil itu dengan tenang mengendalikan bola menghindari jegalan Caio dan kiper Diego Alves sebelum melepaskan tembakan yang berusaha dihalau Rafinha, tetapi lajunya terlalu deras ke dalam gawang.

Kemenangan itu sekaligus menuntaskan dendam berusia 38 tahun ketika Liverpool dikalahkan Flamengo pada Piala Interkontinental (kompetisi pendahulu Piala Dunia Antarklub) di Tokyo, Jepang.

BACA JUGA: Lolos ke Final Piala Dunia Antarklub 2019, Flamengo Tunggu Pemenang Liverpool vs Monterrey

Sebelumnya Liverpool selalu gagal di ajang ini (jika mewakili Eropa, juara Liga Champions), termasuk saat debut pada Piala Interkontinental 1981 melawan Flamengo.

Kemenangan di Qatar menjadikan Liverpool tim Inggris kedua yang menjuarai Piala Dunia Antarklub setelah Manchester United (MU), yang memenangi format baru maupun format lama Piala Interkontinental.

BACA JUGA: Persebaya Kalahkan Badak Lampung, Kemenangan untuk Bonek

Tim-tim Spanyol masih merajai Piala Dunia Antarklub sejak kompetisi itu digelar pada 2005 menggantikan Piala Interkontinental. Real Madrid jadi pengumpul terbanyak dengan empat kali juara, diikuti Barcelona tiga kali.

Hasil di Qatar memberikan hak untuk Liverpool menggunakan emblem khusus berwarna emas dengan trofi Piala Dunia Antarklub di dalamnya untuk disematkan di seragam mereka setidaknya sampai 12 bulan ke depan, hingga ada juara bagi edisi 2020. (antara/jpnn)

Susunan pemain:
Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Naby Keita (James Milner), Jordan Henderson, Alex Oxlade-Chamberlain (Adam Lallana); Mohamed Salah, Roberto Firmino (Divock Origi), Sadio Mane (Xherdan Shaqiri)
Pelatih: Juergen Klopp
Flamengo (4-2-3-1): Diego Alves; Rafinha, Rodrigo Caio, Pablo Mari, Filipe Luis; Willian Arao (Berrio), Gerson (Lincoln); Everton Ribeiro (Diego Ribas), Giorgian de Arrascaeta (Vitinho), Bruno Henrique; Gabriel Barbosa
Pelatih: Jorge Jesus

Daftar juara Piala Dunia Antarklub sejak digelar pada 2000 dan resmi menggantikan Piala Interkontinental mulai 2005:
2000 - Corinthians (Brazil)
2005 - Sao Paulo (Brazil)
2006 - Internacional (Brazil)
2007 - AC Milan (Italia)
2008 - Manchester United (Inggris)
2009 - Barcelona (Spanyol)
2010 - Inter Milan (Italia)
2011 - Barcelona (Spanyol)
2012 - Corinthians (Brazil)
2013 - Bayern Muenchen (Jerman)
2014 - Real Madrid (Spanyol)
2015 - Barcelona (Spanyol)
2016 - Real Madrid (Spanyol)
2017 - Real Madrid (Spanyol)
2018 - Real Madrid (Spanyol)
2019 - Liverpool (Inggris)


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler