Jadi Juri Indonesian Idol 2010

Jumat, 08 Januari 2010 – 06:03 WIB
Foto : Fedrik Tarigan/INDOPOS/JPNN
MUSIKUS Erwin Gutawa punya kesibukan baruAyah peyanyi Gita Gutawa ini menggantikan Indra Lesmana sebagai juri Indonesian Idol 2010

BACA JUGA: Amburadul Baca Pidato Kemenangan

Pergantian juga terjadi pada posisi Titi DJ yang digantikan artis cantik Agnes Monica.

Keduanya terpilih setelah pihak penyelenggara melakukan evaluasi dan proses pencarian selama setahun
Dengan alasan itulah, ajang pencarian bakat tersebut ditiadakan pada 2009.
 
Direktur Programming RCTI Harsiwi Achmad mengatakan, selama satu tahun tidak ada Indonesian Idol, pihaknya melakukan evaluasi, survei, riset, dan berbicara dengan banyak pihak berkompeten di industri musik dan hiburan

BACA JUGA: Ellen DeGeneres Masih Favorit

Pada akhirnya ditemukan fakta bahwa Indonesian Idol, menurut Harsiwi, tetap memiliki magnet yang kuat untuk masyarakat


Baik sekadar penonton maupun yang ingin jadi peserta

BACA JUGA: Batal Tularkan Virus Salsa di DPR

"Sepanjang 2009 kami melakukan perenungan, mencari terobosan baru untuk Indonesian Idol lebih baik lagi," ucapnya di Hard Rock Cafe, Kamis (7/1).
 
Dari hasil riset, lanjut Harsiwi, masyarakat ingin melihat bintang baru yang berkualitas bermunculanMelihat seorang biasa berubah menjadi superstar"Maka, konsep Indonesian Idol 2010 adalah Be a Superstar!" ujarnya.
 
Meski begitu, Harsiwi sepakat dengan analisisnya bahwa Indonesian Idol tidak boleh sekadar melanjutkan acaraHarus ada terobosan"Sebab, kami sudah lima tahunSangat berat mempertahankan sebuah program yang besar, dimensi yang luasJuga bagaimana mengisi industri ini dengan talent yang berkualitasItu sangat berat," ungkapnya.
 
Salah satu terobosan yang dimaksud adalah perubahan di jajaran juriJuri baru dipilih tidak hanya untuk penyegaranKualitas dan kapabilitasnya juga diukur"Erwin Gutawa dan Agnes Monica ini di dunia musik sudah tidak diragukan lagiBahkan, dengar nama Erwin saja sudah bisa membuat kita merinding," kata Harsiwi memuji.
 
Vice President Production RCTI Indra Yudistira menilai, semua penyelenggaraan Indonesian Idol sebelumnya banyak melahirkan bintangTapi, mereka belum menjadi superstar"Untuk mendapatkan superstar, tentu banyak yang harus kami lakukanSalah satunya mengubah juri," jelas Indra.
 
Agnes dinilai Indra layak menjadi juri setelah menganalisis riwayat karirnyaMenurut dia, Agnes bukan seorang artis instan"Agnes itu sejak kecil sudah berkarir dan langganan penghargaan jugaPantas dikatakan superstarMaka, kita harus belajar banyak dari pengalamannyaKita berharap ada pandangan baru dari anak muda yang berbakat," ulas Indra.
 
Anang Hermansyah yang masih dipertahankan sebagai juri mengangguk setujuJika Agnes dibandingkan dengan diva pop Krisdayanti, kata Anang, mereka memang sama-sama superstarBedanya, Agnes sudah fokus di jalur musik sendiri dan berprestasi di usianya sekarang yang masih terbilang muda
 
"Etos kerjanya juga tinggiBanyak penghargaanJika di-maintain dengan baik, ke depan Agnes akan lebih baik jika dibandingkan dengan Yanti (Krisdayanti, Red) hari ini," tegas Anang menyebut nama mantan istrinya itu.   
 
Sayang, karena punya kesibukan, Agnes tak bisa hadir kemarinSementara itu, Erwin mengatakan bersemangat menerima tawaran menjadi juri Indonesian Idol karena pihak penyelenggara bertekad mencari superstarBukan sekadar seseorang yang bisa menyanyi
 
"Menurut saya, seorang superstar adalah artis yang sangat kompletKita tahu menang di Indonesian Idol pasti terkenalTapi, nggak cukup ituSelain terkenal, nyanyi bagus, performance bagus, attitude bagus, dan punya aura kebintangan," harapnya.
 
Erwin bertekad menerapkan pengalaman yang dia miliki untuk mencari seseorang yang sangat diinginkanAudisi Indonesian Idol 2010 dilakukan di 17 kota mulai November 2009 dan masih berlangsung sampai saat ini"Insya Allah sebelum menuju babak SMS itu, akan kami pilih 24 peserta yang sudah cukup mewakili untuk menjadi superstarJadi, siapa pun yang menang adalah superstar," terang ayah penyanyi Gita Gutawa tersebut. (gen/ayi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sandra Bullock Kangen Almarhum Ibu


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler