Jadi Jurkam Paten, Jokowi Diminta jadi Capres

Sabtu, 16 Februari 2013 – 19:01 WIB
GAYENG: Jokowi duduk di kereta bersebelahan dengan Rieke. Jokowi juga ikut turun di stasiun persinggahan, seperti Bekasi dan Karawang. Di stasiun, Jokowi membagikan stiker Rieke-Teten. FOTO: RAKA DENNY /JAWA POS
BANDUNG - Kharisma Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tidak cuma menyihir warga ibu kota saja. Di luar Jakarta, masyarakat menyambut baik kehadiran sang gubernur bertubuh ceking itu.

Hal ini terlihat saat pria yang akrab disapa Jokowi itu ikut dalam kegiatan kampanye pasangan calon gubernur Jawa Barat (Jabar), Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki (Paten) di Lapangan Simpang Parakamuncang, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Sabtu (16/2). Dalam kampanye pilkada Jabar 2013 itu, sosok Jokowi justru lebih digandrungi dibanding pasangan cagub Rieke-Teten.

Sama seperti di Jakarta, warga di Bandung juga berebut untuk bersalaman dan foto bersama mantan Wali Kota Surakarta itu. Kehadiran Jokowi dielu-elukan para warga. Warga Rancaekek terus memanggil-manggil nama pria berbadan ceking tersebut.

Seorang ibu rumah tangga yang ikut dalam kerumunan warga bahkan menyerukan agar Jokowi maju menjadi presiden RI selanjutnya. "Pak Jokowi lah, pas pisan jadi presiden, sederhana, merakyat," sahut ibu tersebut.

Dorongan agar Jokowi maju sebagai calon presiden (capres) juga diutarakan seorang mahasiswa kepada Sekjen PDIP, Tjahjo Kumolo yang ikut dalam kampanye Rieke-Teten. Mahasiswa dari Universitas Padjajaran (Unpad) itu meminta agar PDIP menyiapkan Jokowi sebagai capres pada pemilu 2019.

"Pak Tjahjo, saya mahasiswa Unpad. Kalau PDI Perjuangan masih sayang sama rakyat Indonesia, masih sayang sama partainya sendiri, 2019 ajak Pak Jokowi untuk diajukan menjadi calon presiden," ucap sang mahasiswa kepada Tjahjo.

Tjahjo pun mengapresiasi usulan mahasiswa tersebut. Anggota DPR RI Fraksi PDIP itu pun tak menampik kemungkinan pencapresan Jokowi pada pemilu 2019. Namun saat ini, sambung Tjahjo, Jokowi sedang fokus menjalankan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Insya Allah, Insya Allah. Sekarang Pak Jokowi lagi sedang menjawab dahulu apa yang pernah ia janjikan untuk membangun ibu kota," jawab Tjahjo. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ada Upaya Sistematis Hancurkan Partai NasDem

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler