Jadi Kapolda, Ini Langkah Tito Karnavian Untuk Papua

Jumat, 21 September 2012 – 16:28 WIB
JAKARTA--Mantan Kepala Detasemen Khusus 88 Antiteror Inspektur Jenderal Tito Karnavian diangkat menjadi Kepala Polisi Daerah Papua menggantikan Inspektur Jenderal Bigman Lumban Tobing. Menempati jabatan baru di wilayah rawan konflik seperti Papua, menurut Tito, ia akan mempelajari akar masalah yang terjadi di Papua sehingga dapat mengambil langkah antisipasi.

"Akan kita pelajari, tentunya akan kita ambil langkah-langkah positif agar kondusif baik keamanan maupun hubungan dengan masyarakat," ujar Tito di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (21/9).

Ia menyatakan akan melakukan  pendekatan-pendekatan dengan masyarakat untuk melihat berbagai konflik yang terjadi di Papua. Salah satu di antaranya melalui dialog dengan masyarakat dan instansi terkait.

"Untuk masalah Pilkada, semua akan kita upayakan lakukan pendekatan. Kita upayakan sedamai mungkin Kalau soal HAM, kan sudah ada aturannya mengenai masalah HAM. Ada aturan hukumnya," sambungnya.

Konflik yang marak terjadi di Papua adalah penembakan misterius terutama di wilayah sekitar area PT Freeport Indonesia. Menanggapi itu, Tito mengatakan pihaknya tentu tidak akan pandang bulu untuk melakukan penegakan hukum pada pelaku penembakan. Meski demikian, tuturnya, langkah pencegahan konflik akan tetap dilakukan Polda Papua.

"Semua sesuai prinsip-prinsip penegakkkan hukum. Dilakukan dengan aturan hukum. Saya kira itu ada langkah preventif, presentif, dan ada represif penegakkan hukum. Kita sangat tergantung pada case to case, kita tergantung pada situasional," paparnya.

Pati Mabes Polri di Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan di BNPT itu juga mengaku optimis  dapat menyelesaikan berbagai konflik yang terjadi di wilayah Bumi Cendrawasih.

"Tentunya harus datang dengan optimis, enggak boleh pesimis. Lihat akar masalah apa saja dan selesaikan akar masalahnya," tegas Tito.(flo/jpnn)



BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Menang, Popularitas Prabowo jadi Capres Terdorong

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler