Jadwal Final Hong Kong Open Hari Ini, Jepang di Mana-mana

Minggu, 18 November 2018 – 10:26 WIB
Nozomi Okuhara. Foto: AP

jpnn.com, KOWLOON - Jepang berhasil menempatkan semua wakilnya di nomor final Hong Kong Open 2018 yang digelar di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Minggu (18/11) mulai pukul 01.00 WIB.

Ada Jepang di tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri hingga ganda campuran. Peluang menyabet semua gelar terbuka, tapi gagal total alias gigit jari juga bisa terjadi.

BACA JUGA: Wang / Huang jadi Finalis Terakhir Hong Kong Open 2018

Partai final hari ini dibuka dengan ganda putri. Peringkat satu dunia Yuki Fukushima / Sayaka Hirota akan meladeni ganda Korea ranking tujuh BWF Lee So Hee / Shin Seung Chan. Rekor pertemuan 1-0, Yuki / Sayaka unggul.

Namun, Lee / Shin lagi hot. Pekan lalu menjadi juara di Fuzhou China Open, mengalahkan ganda Jepang Mayu Matsumoto / Wakana Nagahara. So, peluang kedua ganda menjadi pemenang hari ini sama, 50-50.

BACA JUGA: Kalahkan Ahsan / Hendra, Minions Tembus Final Hong Kong Open

Usai nomor ganda putri yang menjanjikan reli-reli panjang untuk satu poin, akan digelar final tunggal putri. Ini mungkin lebih seru lagi. Nozomi Okuhara (Jepang/ranking enam) versus Ratchanok Intanon (Thailand/delapan). Rekor pertemuan mereka masih sama kuat 4-4.

Pertemuan terakhir dua pemain yang dikenal cukup akrab di luar lapangan ini terjadi di Indonesia Masters 2018. Intanon menang 21-17, 21-10. Jika keduanya all out dan tak ada masalah stamina, duel mereka nanti diprediksi bisa memakan waktu lebih dari satu jam.

BACA JUGA: Beri Tepuk Tangan Buat Greysia / Apriyani

Setelah Okuhara vs Intanon, ada duel di nomor tunggal putra antara Son Wan Ho (Korea/6) melawan Kenta Nishimoto (Jepang/11). Rekor pertemuan 5-2.

Buat Son Wan Ho, ini adalah final pertamanya di BWF World Tour. Sementara untuk Nishimoto, ini final kedua setelah kalah di final Malaysia Masters dari Viktor Axelsen.

Wan Ho sedikit lebih diunggulkan karena dengan cara yang luar biasa menyingkirkan si nomor satu dunia Kento Momota di semifinal kemarin. Namun, stamina bisa menjadi masalah buat pemain Negeri Ginseng itu.

Wan Ho harus melewati 90 menit laga rubber game melawan Momota. Sementara Nishimoto terbilang lebih bugar setelah di semifinal 'hanya' bermain 47 menit melawan wakil tuan rumah Lee Cheuk Yiu.

Setelah Wan Ho vs Nishimoto, ada duel di nomor ganda campuran. Jepang lagi. Yuta Watanabe / Arisa Higashino versus ganda Tiongkok Wang Yilyu / Huang Dongping.

Buat Yuta / Arisa, final Hong Kong Open bisa dijadikan pembuktian. Setelah menjadi juara All England tahun ini, peringkat lima dunia itu gagal melaju ke final ajang BWF World Tour. Nah, jelang BWF World Tour Finals Desember nanti, Hong Kong Open bisa menjadi tempat unjuk gigi Yuta / Arisa.

Namun, tunggu. Wang Yilyu / Huang Dongping yang merupakan peringkat dua dunia belum mengantongi satu pun gelar BWF World Tour tahun ini. Mereka selalu di bawah bayang-bayang rekan satu negaranya si nomor satu dunia, Zheng Siwei / Huang Yaqiong.

Dari tiga final tahun ini, Fuzhou China Open, Japan Open dan Malaysia Open, Wang / Huang hanya menjadi runner-up kalah dari Zheng Siwei / Huang Yaqiong.

Pada Hong Kong Open ini, Zheng / Huang memilih absen. Ini kesempatan terbaik Wang / Huang meraih gelar pertama BWF World Tour pertama tahun ini.

Naaaaaah, setelah itu baru Marcus Fernaldi / Kevin Sanjaya versus Takeshi Kamura / Keigo Sonoda. Buat pemerhati badminton, duel kedua ganda ini mungkin selalu ditunggu. Di luar ganda-ganda muda Tiongkok yang menghadirkan kejutan buat Marcus / Kevin, mungkin hanya Takeshi / Keigo yang benar-benar bisa mengimbangi atau bahkan bisa mengalahkan ganda Indonesia.

Rekor pertemuan Minions (julukan Marcus / Kevin) lawan Takeshi / Keigo 6-4, ganda Merah Putih unggul. Meski straight game atau rubber game, pertemuan Marcus / Kevin vs Takeshi / Keigo selalu ramai banget. (adk/jpnn)

Order of play final Hong Kong Open 2018:
Ganda putri: Yuki Fukushima/ Sayaka Hirota Jepang/ranking 1 BWF) vs Lee So Hee/Shin Seung Chan (Korea/7) 1-0
Tunggal putri: Nozomi Okuhara (Jepang/6) vs Ratchanok Intanon (Thailand/8) 4-4
Tunggal putra: Son Wan Ho (Korea/6) vs Kenta Nishimoto (Jepang/11) 5-2
Ganda campuran: Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang/5) vs Wang Yilyu/Huang Dongping (Tiongkok/2) 0-5
Ganda putra: Marcus Fernaldi/Kevin Sanjaya (Indonesia/1) Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang/3) 6-4

BACA ARTIKEL LAINNYA... Baru 20 Menit, Tai Tzu Ying Mundur, Nozomi Okuhara ke Final


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler