Jaga Kebersihan Saat Puncak Bulan Bung Karno, PDIP Terapkan Waste Management System

Sabtu, 24 Juni 2023 – 11:50 WIB
PDIP menerapkan waste management system selama puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (24/6). Dokumen DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebutkan parpolnya menyoroti sisi kebersihan selama pelaksanaan puncak peringatan Bulan Bung Karno (BBK) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (24/6).

Menurutnya, PDIP menerapkan manajemen pengelolaan sampah berkelanjutan (waste management system) selama puncak BBK.

BACA JUGA: Puncak Bulan Bung Karno: Kader PDIP Kedepankan Aspek Kenusantaraan Saat Flashmob di GBK

Komunitas Juang menjadi satu di antara kelompok yang berperan penerapan waste management system. 

Tiga ribu anggota kelompok itu diterjunkan untuk membersihkan sampah selama puncak peringatan BBK.

BACA JUGA: Hadir di Puncak Bulan Bung Karno, MPP PDIP Perkenalkan Fitur Baru

Diketahui, Komunitas Juang ialah organisasi partai yang berbasis di Jawa Tengah dengan pengampu Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang 'Pacul' Wuryanto. 

"Komunitas Juang ini bergotong royong dengan kelompok masyarakat yang fokus pada lingkungan hidup dan dibantu dari Dinas Kebersihan Kota Jakarta untuk membersihkan dan mengolah sampah- sampah selama acara berlangsung," kata Hasto saat berbincang dengan media terkait beberapa kegiatan di samping acara utama peringatan Bulan Bung Karno. 

Selain dari Komunitas Juang, ada sekitar 400 orang personel dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta yang turut bergotong royong mewujudkan waste management system.

PDIP turut melibatkan para pemulung untuk membersihkan sampah selama puncak peringatan BBK yang mengusung tema Kepalkan Tangan Persatuan untuk Indonesia Raya. 

Nantinya, kata Hasto, seluruh sampah akan diolah dan dipilah sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir atau TPA.

"Kami juga melibatkan 300 pemulung dan sampah-sampah tersebut, selain dapat didaur ulang, yang akan dipilih akan menjadi penghasilan tambahan buat mereka (para pemulung, red)," kata pria kelahiran Yogyakarta tersebut. 

Menurut Hasto, waste management system dalam puncak peringatan BBK berawal dari inisiatif RedMe, unit organisasi kreatif yang dimiliki PDIP. 

RedMe yang banyak diisi milenial, mengusulkan kegiatan yang dinamai Prolestari dengan tajuk Aksi Bersih GBK saat rapat awal peringatan puncak peringatan BBK 2023. 

Menurut Hasto, ide ditindaklanjuti dengan kerja sama dengan sebuah start up digital waste management system. 

Dia mengatakan ide tersebut ternyata disambut dengan baik. Semua bersedia terlibat. Akhirnya waste management system ini menjadi gerakan dengan tema Aksi Bersih GBK (ABG).

Hasto mengatakan, PDIP dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri memang konsisten mengampnyekan gerakan mencintai lingkungan.

“Partai terdepan sekaligus menjadi pelopor dalam kelestarian lingkungan dan menjaga alam semesta lewat upaya mendorong semua orang mencintai bumi," pungkas Hasto. (ast/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler