Jajal Samsung Galaxy A30, Jagoan Baru Berbanderol Rp 3 Jutaan

Jumat, 26 April 2019 – 11:59 WIB
Samsung Galaxy A30. Foto: Dedi Sofian/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rangkaian Galaxy A series terbaru, seperti A50, A30, A20 dan A10 menjadi kekuatan anyar Samsung di pasar ponsel pintar tanah air. Paket teknologi yang telah ditingkatkan seperti layar tanpa batas, kamera lebih canggih, baterai tahan lama serta ruang penyimpanan data lebih besar adalah daya tawarnya.

JPNN.com mendapatkan kesempatan menjajal salah satu dari rangkaian seri Galaxy A tersebut yaitu Samsung Galaxy A30 yang pasarkan seharga Rp 3.399.000. Lantas bagaimana ketangguhan handphone ini?

BACA JUGA: Samsung Rilis Galaxy A30 dan A50 Buat Penggemar Video Live

Desain dan Layar

Kesan pertama, tampilan desain Galaxy A30 terbilang menggoda. Desain bodi Galaxy A30 pun mengikuti tren anak muda kekinian tetapi tetap menyusupkan unsur elegan. Memiliki layar infinity-U Super AMOLED dan hanya berponi dot drop atau seperti tetesan air membuatnya terkesan lega.

BACA JUGA: Samsung Galaxy A90 Diprediksi akan Punya Kamera Mirip Oppo Find X

Bezel tipis pada layar atas kian menguatkan kesan luas yang memberi pengalaman menonton video secara full screen. Sayangnya, bezel bagian bawahnya masih tergolong cukup tebal.

Beralih ke bagian belakang, Galaxy A30 terbuat dari bahan polikarbonat, merupai gaya kaca yang dapat memantulkan pilar-pilar cahaya berwarna. Kemudian, sidik jari atau finger print yang terdapat di bagian tengah memiliki warna senada dengan bodi.

BACA JUGA: Samsung Berharap Galaxy A30 dan A50 Dongkrak Penjualan, Ini Spesifikasinya

Permukaannya dibuat sama rata dengan bodi, kerennya sidik jari diberikan sentuhan lis krom sehingga lebih mudah dikenali dengan ujung jari. Selain itu, terdapat dua kamera belakang 16MP + 5MP AF, f1.7 yang sedikit timbul dan lampu flash tepat di bagian bawahnya. Sementara kamera selfie dibekali 16MP.

Galaxy A30 pun terbilang nyaman saat digenggam, apa lagi dengan bobotnya ringan. Layar berukuran 6,4 inci FHD+ (1080x2340) membuat aktivitas seperti menonton video hingga bermain gim menjadi lebih maksimal. Secara keseluruhan, wajah Galaxy A30 menawarkan gaya yang sederhana dan praktis namun tetap memberi kesan elegan.

Bicara hasil video dan foto bisa melihat tautan di bawah ini:


Kabin Wuling Cortez CT. Fitur ultra wide shot on Samsung Galaxy A30

Sementara itu, pada sisi kanan tersemat tombol power dan volume. Sisi kirinya slot untuk menempatkan SIM Card sekaligus microSD dengan dua slot untuk Nano Sim Card dan satu microSD. Penempatan tombol-tombol yang standar pada smartphone keluaran terbaru.

Bagian bawah, terdapat port jack audio, USB Type-C (fast charging), dan speaker.

Performa dan Baterai

Samsung Galaxy A30 ditenagai oleh Exynos 7904 Octa Core yang dipadukan dengan GPU Mali-G71 MP2. Buat di Indonesia sendiri, Galaxy A30 hanya dijual satu varian saja yaitu RAM 4GB dengan 64GB Internal Storage.

Meski begitu, A30 pun siap menunjang berbagai aktivitas penggunanya dengan kapasitas baterai 4000mAh. Kami pun menguji ketahanan daya Galaxy A30 dengan membawa smartphone ini untuk aktivitas liputan kami seperti mengambil gambar dan video. Tak hanya itu, kami pun sesekali melakukan sesi pertandingan Mobile Legends dengan durasi 15 menit per pertandingan.

Menariknya, meski digeber dengan menjalankan Mobile Legends, kamera, video dan dibawa mengetik lewat aplikasi Samsung note, suhu pada ponsel ini terbilang stabil alias tidak panas.

Dengan kapasitas baterai 4000mAh, Galaxy A30 mampu bertahan hingga dua hari bahkan lebih jika pemakaian dilakukan standar seperti chatting dan media sosial. Karena sudah menggunakan teknologi 15W fast charging USB type-C, pengisian daya tidak memakan waktu lama. Hanya dua jam sudah terisi penuh.

Selain itu, Galaxy A30 ini juga sudah didukung dengan sistem operasi terbaru Google, Android 9 Pie.

Soal keamanan, selain disematkan fitur fingerprint yang terletak di bodi belakang, Galaxy A30 juga sudah dilengkapi dengan AI face unlock. Sungguh sangat istimewa untuk sebuah Hp dengan harga lebih kompetitif. Bagaimana tidak, Anda mendapatkan salah satu fitur yang biasanya hanya ditemui pada smartphone flagship mewah.

Sayangnya, ada satu kekurangan pada sektor ini yaitu speaker yang hanya memiliki satu di bagian bawah. Namun tak perlu khawatir, suara yang keluar dari audio cukup. Anda harus menggunakan volume paling maksimum untuk bisa mendengar suara lebih keras. (mg9/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler