Jalan Berkabut, Arus Balik Berjalan Merayap

Kamis, 16 September 2010 – 06:21 WIB

PAGUYANGAN - Arus balik kendaraan yang melintasi ruas jalan Provinsi Tegal - Purwokerto mengalami sedikit gangguan dengan turunnya kabut tebal yang terjadi di ruas jalan Bumiayu - Paguyangan hingga memasuki perbatasan Kabupaten Banyumas, Rabu (15/9) pagi hingga pukul 11.00 WIB.

Kondisi itu menuntut pengemudi untuk meningkatkan kewaspadaannya terlebih kondisi jalan dari arah selatan menuju utara Kabupaten Brebes tersebut menurun disertai beberapa titik jalan yang masih bergelombang.

Dari pantauan Radar, akibat cuaca yang berkabut kendaran yang melintas dijalur tersebut berjalan merayapBahkan sebagian pengendara kendaraan khususnya sepeda motor lebih memilih untuk beristirahat disejumlah lokasi, seperti mesjid maupun stasiun pompa bensin umum (SPBU) Paguyangan.

"Jarak pandang tidak leluasa terhalang kabut, lebih baik berhenti sambil istirahat," kata Yudi (37) pemudik asal Purwokerto yang akan kembali ke wilayah Bekasi, di temui saat berada di SPBU Paguyangan.

Camat Paguyangan Ahmad Hermanto SIP dijumpai turut serta memantau arus balik lebaran dari halaman Kantor Kecamatan mengatakan, kondisi cuaca berkabut ini baru kali pertama terjadi semenjak datangnya musim mudik hingga arus balik lebaran tahun 2010.

"Secara geografis, wilayah Kecamatan Paguyangan memang berada pada dataran tinggi

BACA JUGA: Arus Balik di Pasar Kajen Semrawut

Kabut biasanya hanya turun disejumlah desa disekitar perkebunan teh Kaligua, namun kali ini kabut turun hingga jalan hingga menjelang siang hari," ujarnya.

Kepala Pos Pengamanan (Pospam) Paguyangan AKP Sukoyo yang juga Kapolsek Paguyangan mengatakan, meski kondisi lalulintas padat oleh kandaraan yang berjalan melambat akibat turunnya kabut, namun suasana lalulintas masih berjalan lancar.

"Jalur lalulintas masih didominasi oleh mobil pribadi dan sepeda motor, untuk mengantisipasi kondisi yang tidak diharapkan, petugas diturunkan disejumlah titik sambil mengingatkan pengemudi untuk menyalakan lampu kendaraan," kata Sukoyo.

Sukoyo juga meminta para pengguna jalan untuk lebih berhati-hati karena kondisi cuaca yang tidak bersahabat, seiring dengan masih seringnya turun hujan dan angin kencang menjelang siang hingga malam hari diwilayah Selatan Kabupaten Brebes.

"Hati-hati saja jika mau melintas di jalur ini
Jalannya kalau hujan licin sekali, sebaiknya pengendara memeriksa kondisi ban dan lampu kendaraan yang akan digunakan," imbaunya.(pri)

BACA JUGA: Pantura Masih Padat

BACA JUGA: Lafadz Allah Muncul di Langit

BACA ARTIKEL LAINNYA... Antisipasi Arus Balik asal Jawa, Disiapkan 7 Kapal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler