Jalanan Depan Istana Lumpuh Diblokir Buruh

Rabu, 01 Mei 2013 – 14:37 WIB
Seorang buruh dengan tubuh bertuliskan May Day beraksi di depan Istana Negara, Rabu (1/5). Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN
JAKARTA - Puluhan ribu buruh kini sudah memadati Jalan Medan Merdeka Barat dan Medan Merdeka Utara di depan kompleks Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (1/5). Akibat banyaknya massa, kepolisian menutup dan mengalihkan jalan ke dua jalur itu.

Untuk mengamankan kompleks Istana Merdeka, polisi memasang kawat berduri di sepanjang depan gerbang istana. Ratusan polisi berdiri juga berjajar di sepanjang gerbang Istana.

Aksi puluhan ribu buruh di depan istana ini terpantau lancar dan terkendali. Mereka hanya berorasi dan menyanyikan lagu-lagu bertema buruh.

"Jalan Sudirman dan Thamrin sudah kami tutup dan dialihkan, karena jumlah massa terlalu banyak," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto kepada JPNN di depan Istana Negara.

Situasi unjuk rasa yang berlangsung aman ini pun tampaknya sangat menguntungkan pihak kepolisian. Sejumlah polisi tidak perlu bersusah payah menenangkan massa buruh yang dulunya sering berunjukrasa anarkis.

Bahkan, banyak petugas kepolisian yang memilih duduk-duduk bersama buruh sembari istirahat di bawah pohon depan Istana. "Di Istana pengamanannya 3600 personil. Presiden tiap 1 Mei pindah-pindah tempat untuk bertemu buruh jadi kami penanganannya masih sama saja di sekitar Istana," papar Rikwanto. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dipadati Buruh, Lalin Bundaran HI Tersendat

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler