Jangan Khawatir, Bersin Bukan Pertanda Anda Terinfeksi Corona

Kamis, 26 Maret 2020 – 21:15 WIB
Ilustrasi bersin. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Mewabahnya virus corona atau COVID-19 membuat masyarakat menjadi lebih waspada saat melihat ada orang yang bersin atau batuk di jalan.

Bahkan, ada yang langsung menjauhi saat melihat orang bersin atau batuk di jalan atau transportasi umum, karena takut terinfeksi virus oorona.

BACA JUGA: Ini 5 Penyebab Bersin tak Kunjung Reda

Namun, seperti diansir Business Insider, bersin ternyata bukan gejala umum COVID-19. Tanda umumnya demam (87,9 persen) dan batuk kering (67,7 persen), lalu ada rasa lelah (38,1 persen), nyeri badan, napas pendek, mengalami masalah pencernaan dan mual.

Pasien COVID-19 kadang mengalami sakit kepala, dan gangguantenggorokan. Pada kasus yang jarang, mereka juga bisa terkena diare dan hidung meler alias pilek.

BACA JUGA: Bahaya Menahan Bersin, Gendang Telinga Bisa Pecah?

Sebagian orang bisa terkena alergi musiman yang gejalanya bisa berupa bersin dan hidung tersumbat.

Kasus hidung tersumbat umumnya hanya dialami 4,8 persen pasien COVID-19, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Di China, sekitar 56000 pasien mengalami kasus ini.

BACA JUGA: Kenali Gejala Corona Sejak Dini, Apa Saja?

Hingga kini, gejala COVID-19 dan penyakit lainnya masih terkadang tumpang tindih, sehingga tes salah satunya pada swab menjadi penting.

Di Indonesia, tercatat 790 orang positif COVID-19 pada 25 Maret lalu dengan total jumlah yang sembuh 31 orang dan meninggal dunia sebanyak 58 orang.(antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler