Jangan Persulit Guru Honorer Jadi ASN PPPK, Kemendikbudristek & BKN Serius lah!

Kamis, 02 Februari 2023 – 19:50 WIB
Ketua Badan Khusus Honorer (BKH) PGRI Riau Eko Wibowo menyampaikan kekecawaan atas penundaan pengumuman hasil seleksi PPPK guru 2022. Foto dok. Ekowi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Badan Khusus Honorer (BKH) PGRI Riau Eko Wibowo menyampaikan kekecawaan atas penundaan pengumuman hasil seleksi PPPK guru 2022.

Penundaan itu dinilai telah menimbulkan kegaduhan di kalangan guru honorer yang sudah penuh harap menunggu hasil seleksi.

BACA JUGA: Seharusnya Pemerintah Membalas Budi Guru Honorer, Angkat Jadi ASN PPPK atau PNS

Ekowi, sapaan akrabnya, menegaskan pemerintah sudah mempermainkan ratusan ribu guru honorer.

Sebab, penundaan itu tidak disertai alasan jelas di mana masalahnya sehingga membuat resah dan galau semuanya, baik P1, P2, P3, dan P4.

BACA JUGA: Info Terbaru BKN soal Pengisian DRH PPPK 2022, Guru Honorer hingga Nakes Perlu Tahu

"Kami ingin kepastian dan keseriusan Kemendikbudristek dan BKN benar-benar bekerja dengan jelas. Ingat Presiden Jokowi sudah menyampaikan jangan mempersulit guru honorer jadi ASN PPPK," kata Ekowi yang juga wakil ketua PGRI Riau kepada JPNN.com, Kamis (2/2).

Seharusnya, lanjut Ekowi, Kemendikbudristek dan BKN menginformasikan pengumuman sesuai jadwal, 2 - 3 Februari. Bukan tiba-tiba menyampaikan kabar penundaan tanpa diinformasikan masalahnya apa.

BACA JUGA: Pengumuman PPPK Guru 2022 di SSCASN: Pesan Penting dari BKN untuk P1 Hingga P4

Untuk diketahui, pengumuman hasil seleksi PPPK guru resmi ditunda. Penundaan ini sebelumnya disampaikan Pelaksana tugas (Plt.) Dirjen Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nunuk Suryani melalui akunnya di Instagram.

Dalam unggahan sekitar pukul 15.00 WIB itu dinyatakan pengumuman hasil seleksi PPPK guru ditunda sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga membenarkan penundaan tersebut. Menurut Karo Humas BKN Satya Pratama, alasan mengapa pengumuman ditunda hanya Kemendikbudristek yang bisa menjelaskan.

"Intinya BKN siap-siap saja," kata Satya kepada JPNN.com, Kamis (2/2) sore.

Dia mengungkapkan sebelum memutuskan penundaan itu, ada rapat BKN dan Kemendikbudristek sejak pagi tadi.

Namun, sore ini diputuskan pengumuman hasil seleksi PPPK 2022 yang sedianya diluncurkan di portal SSCASN pada 2-3 Februari batal dilaksanakan.

"Yang perlu ditegaskan, tidak ada masalah dengan portal SSCASN. Mengenai penyebab diundurnya pengumuman Dirjen GTK yang berwenang menjawab," tegasnya.

Ditanya apakah penundaan tersebut karena Kemendikbudristek belum menyelesaikan datanya terutama P2, P3, dan P4, Satya kembali menyatakan tidak bisa mengiyakan. Sebab, Kemendikbudristek yang berhak menjawabnya. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler