Jangkau Semua Lapisan Masyarakat, Allianz Syariah Tebar Kebaikan yang Menguatkan

Kamis, 30 November 2023 – 14:42 WIB
Allianz Syariah. Foto dok Allianz Syariah

jpnn.com, JAKARTA - PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) beroperasi sejak 1 November 2023.

Allianz Syariah hadir bukan hanya untuk memberikan layanan dan perlindungan kelas dunia, tapi juga bisa saling menguatkan dan bahkan menebar kebaikan antar sesama.

BACA JUGA: PT Timah Dorong Peningkatan Literasi Sejarah Masyarakat Pulau Belitung

Layanan asuransi Allianz Syariah juga memungkinan peserta mendapatkan penghasilan tambahan dengan memiliki produk AlliSya HANDAL melalui Leads Generation Program.

Hal ini terkait dengan pertumbuhan signifikan ekonomi syariah Indonesia. Berdasarkan Laporan Perkembangan Keuangan Syariah dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga akhir 2022, total aset Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Syariah mencapai Rp146,12 triliun, dengan laju pertumbuhan aset sebesar 20,88%.

BACA JUGA: Pengaturan Lalu Lintas Libur Nataru Diharapkan Jangan Sampai Merugikan Pelaku Usaha

Dari sisi market share, asuransi jiwa syariah tercatat sebesar 5,62%, sehingga potensi pasarnya masih sangat besar.

Dalam penyelenggaraannya, Allianz Syariah berbasis konsep Syariah yaitu saling membantu sesama peserta melalui akad tabarru’.

BACA JUGA: IKN Dinilai Bakal Memberikan Efek Besar di Sektor Logistik

Akad tabarru’ dalam asuransi syariah dilakukan dalam bentuk hibah dengan tujuan kebajikan dan tolong menolong antar peserta, dan bukan untuk tujuan komersial.

Dana hibah asuransi syariah inilah yang digunakan untuk menolong peserta lain yang tertimpa musibah dan melakukan klaim.

Sedangkan Allianz Syariah bertindak sebagai pengelola asuransi jiwa syariah dengan akad wakalah bil ujrah.

Selain itu, Allianz Syariah juga punya fitur wakaf dalam produk AlliSya Protection Life dan My Protection Bijak II di mana melalui fitur wakaf ini, peserta bukan hanya semakin terlindungi, tetapi juga mendapatkan keberkahan pahala yang tidak terputus sampai akhirat kelak dengan mewakafkan sebagian dari santunan asuransi dan/atau nilai investasi melalui pengelola wakaf (nazhir) yang bekerjasama dengan Allianz Syariah.

Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, Achmad K. Permana mengungkapkan, tujuan kehadiran Allianz Syariah adalah menjangkau semua lapisan masyarakat Indonesia dengan menyediakan perlindungan kelas dunia dan nilai-nilai kebaikan syariah di dalamnya.

“Kehadiran entitas baru Allianz Syariah adalah bukti nyata komitmen kami untuk berfokus pada bisnis asuransi syariah dan terus berpartisipasi mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia," katanya.

Allianz Syariah juga terus menyebarkan semangat berbagi kebaikan yang menguatkan.

"Salah satu cara kami untuk mewujudkannya adalah melalui pencanangan Gerakan Mengasuransikan 10.000 Masyarakat Indonesia. Kami percaya semua yang diawali dengan niat baik akan berbuah kebaikan yang lebih besar lagi bagi kita semua,” tambahnya.

Pengalaman Allianz Indonesia dalam menyediakan perlindungan asuransi syariah telah dimulai sejak 2006. Karena itu, nilai-nilai kebaikan sesuai prinsip syariah bukan hal yang baru bagi perusahaan.

“Keunikan prinsip syariah menjadikannya solusi yang tidak terbatas pada kelompok muslim saja, melainkan memiliki manfaat yang dapat dirasakan oleh setiap kalangan secara universal,” serunya.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler