Jaringan XL Diuji, Siap Atasi Lonjakan 30 Persen

Senin, 09 Juli 2012 – 00:51 WIB

SURABAYA  - Operator seluler sudah bersiap diri hadapi lonjakan lalu lintas komunikasi yang mencapai puncaknya sepanjang bulan puasa dan Lebaran 2012. Sejak awal tahun PT XL Axiata melakukan peningkatan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi kenaikan lebih dari 30 persen dari kondisi normal.

Bahkan dalam uji jaringan yang digelar pada jalur mudik pekan lalu, mereka berencana menambah 10 mobile BTS dan banyak unit signal booster di titik-titik tertentu untuk peningkatan pelayanan.

Vice President Corporate Communicatios XL Turina Farouk mengungkapkan bahwa perusahaan melakukan peningkatan jaringan dan pelayanan pada pelanggan tak saja menjelang Lebaran 2012. Namun sudah dimulai sejak awal tahun.

"Beban puncak penggunaan layanan telekomunikasi seperti suara, SMS, maupun data terjadi pada saat lebaran. Sehingga sebelum memasuki puasa, kami mengelar event ini. Sehingga masyarakat bisa mengetahui improvement jaringan XL," ungkapnya dalam pemaparan uji jaringan XL melalui Xensasi NetRally di Jogjakarta pada Sabtu (7/7) lalu.
   
Uji jaringan tersebut dilakukan di sepanjang jalur mudik. Mulai dari Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Lampung, Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Banjarmasin, Bali, Lombok dan Makassar. Caranya menggunakan berbagai moda transportasi seperti kendaraan bermotor (Lampung-Jakarta, Bandung-Jakarta, Semarang-Yogya-Solo, dan Surabaya-Yogya) dan kereta api (Jakarta-Semarang), serta jalur penyeberangan laut kapal feri (Bakahauni-Merak dan Ketapang-Gilimanuk).
      
Hasilnya didapati bahwa sebagian besar wilayah yang disusuri oleh pengujian mayoritas berlabel hijau yang artinya sinyal XL memiliki kekuatan 4-5 bar. Didapati pula beberapa titik yang masih memiliki label merah, yang artinya sinyal XL masih lemah dengan kekuatan 2-3 bar.
      
"Karena itulah dalam tempo satu bulan menjelang Lebaran kami akan terus mengatasi daerah yang masuk merah. Kami juga akan menempatkan 10 mobile BTS dan menambahkan signal booster di berbagai titik sesuai kebutuhkan," imbuh GM Performance Management XL Axiata Wira Wiguna pada kesempatan yang sama.
      
Saat ini XL yang memiliki 46 juta pelanggan melayani lalu lintas percakapan hingga 600 juta menit per hari. Sementara untuk SMS adalah 660 juta SMS, dan data sebesar 52 Terabytes. Dari kapasitas jaringan, pelanggan baru menggunakan 50-60 persen untuk layanan data dan 30-40 persen untuk layanan SMS dan voice.
       
GA and External Affairs Manager XL Axiata East Area Hazad Khan menambahkan bahwa untuk area Jawa Timur dan Bali, akan ada tambahan dua mobile BTS yang masing-masing akan berada di Tuban dan Gilimanik. Sementara signal booster akan berlokasi di lima tiitk seperti Mantingan, Jember, Pasir Putih, Gilimanuk, serta Tabanan. 
      
"Lonjakan lalu lintas komunikasi di East Area seperti Jatim dan Bali diperkirakan sama dengan prediksi nasional," kata Hazad Khan. "Dan kami sejak awal tahun sudah merencanakan pada 2012 bakalan menambah 1.302 BTS baru, 60 persennya 3G," ujar dia. Per kuartal I 2011, XL east area melayani 9,9 juta pelanggan dan memiliki 4.492 BTS. (aan)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Hadir di PRJ, Proton Obral Diskon Besar-besaran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler