Jasa Marga Lakukan Uji Coba Relokasi Pintu Masuk Contraflow ke Km 0+200 Halim

Kamis, 08 Agustus 2019 – 04:05 WIB
Macet. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Jasa Marga Regional JabotabekJabar bekerjasama dengan Kepolisian akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas dengan merelokasi pintu masuk contraflow Jalan Tol Dalam Kota.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, serta sebagai salah satu upaya mengurangi potensi kepadatan di Simpang Susun (SS) Cawang.

BACA JUGA: Siap-siap Macet, Rekonstruksi Tol Jakarta-Cikampek KM 26 Arah Cikampek Berlanjut

Titik awal contraflow yang semula terletak di Km 1+700 Cawang akan dipindahkan ke Km. 0+200 Halim, dengan titik akhir contraflow yang masih sama, yaitu di Km 8+100 (Senayan).

Uji coba perpindahan akan dilaksanakan dalam dua minggu ke depan selama lima hari kerja, yaitu Rabu-Jumat, 7-9 Agustus 2019 dan Senin-Selasa, 12-13 Agustus 2019, setiap pukul 06.00 - 10.00 WIB.

BACA JUGA: Perbaikan Ruas Tol Jakarta Cikampek Kembali Berlanjut

"Waktu pelaksanaan berlaku tentatif, sesuai kondisi lalu lintas," ujar Regional JabotabekJabar Division Head Jasa Marga Reza Febriano.

BACA JUGA: Temuan Labfor Polri soal Riwayat Narkoba di Rambut Nunung

BACA JUGA: Siap-siap Macet, Perbaikan Jalur Arah Cikampek Dimulai Lagi

Reza menambahkan, dengan adanya perpindahan titik awal contraflow tersebut, maka yang bisa menggunakan jalur contraflow nantinya hanyalah pengguna jalan dari arah Halim saja (dari arah Jalan Tol Jakarta-Cikampek).

“Ini juga yang menjadi dasar dari dipindahkannya titik awal contraflow. Berdasarkan hasil evaluasi, banyak sekali kendaraan yang crossing memaksa masuk di titik awal contraflow sebelumnya, di Km 1+700 Cawang, terutama lalu lintas dari arah Jalan Tol Jagorawi,” jelas Reza.

Reza menggarisbawahi hal ini memicu terjadinya konflik yang mengakibatkan gangguan lalu lintas dan dapat membahayakan pengguna jalan.

“Kami harap uji coba ini berjalan dengan efektif, sehingga dengan berkurangnya konflik lalu lintas di SS Cawang tersebut dapat memberikan manfaat untuk pengguna jalan, tidak hanya lebih lancar namun juga jauh lebih aman,” harap Reza.

"Jasa Marga mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin timbul dalam masa uji coba perpanjangan contraflow Jalan Tol Dalam Kota. Serta mengimbau untuk mengantisipasi dan patuhi rambu serta arahan petugas, terutama menjelang titik awal contraflow," imbuh Reza.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Harap Bersabar, ada Perbaikan Jalur arah Tol Jakarta dan Cikampek


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler